Detail Karya Ilmiah
-
CITRA TOKO (STORE IMAGE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT PEMBELIAN (PURCHASE INTENTION) (STUDI PADA MINIMARKET SIDOGIRI BLEGA)Penulis : YUSUF HUSENDosen Pembimbing I : Dr. A. Yahya Surya Winata S.E., M.SiDosen Pembimbing II :Nirma Kurriwati, SP., M.SiAbstraksi
ABSTRAK Yusuf Husen, Citra Toko (store image) dan Pengaruhnya Terhadap Minat Pembelian (purchase intention) (Studi Pada Minimarket Sidogiri Blega). Dibawah Bimbingan Dr. A. Yahya Surya Winata, SE., M.Si dan Nirma Kurriwati, SP., MSi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra toko (store image) terhadap minat pembelian (purchase intention) pada minimarket Sidogiri Blega. Penelitian ini dilaksanakan di daerah Kecamatan Blega dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan explanatori. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan dianalisis dengan regresi linier berganda dengan menggunakan software komputer SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa citra toko minimarket Sidogiri Blega yang terdiri dari dimensi barang dagangan, kenyamanan toko, atmosfir toko, dan pelayanan masuk dalam kategori baik. Minat pembelian di minimarket Sidogiri Blega secara keseluruhan berada dalam kategori tinggi. Hasil dari uji t simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra toko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat pembelian di minimarket Sidogiri Blega. Secara parsial, dimensi barang dagangan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan, dimensi kenyamanan toko berpengaruh positif dan signifikan, dimensi atmosfir toko berpengaruh positif dan signifikan, dan dimensi pelayanan berpengaruh positif dan signifikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 90,7% minat pembelian terhadap minimarket Sidogiri Blega dipengaruhi oleh variabel citra toko. Dimensi yang berpengaruh paling besar terhadap minat pembelian adalah dimensi pelayanan. Kata kunci: Citra Toko, Barang Dagangan, Kenyamanan Toko, Atmosfir Toko, Pelayanan, dan Minat Pembelian.
AbstractionABSTRACT Yusuf Husen, store image and its influence on purchase intention (A Study on Sidogiri Blega Minimarket). Under the guidance of Dr. A. Yahya Surya Winata, SE., M.Si and Nirma Kurriwati, SP., MSi. The purpose of this study is to determine the influence of store image to the purchase intention on Sidogiri minimarket of Blega. This research conducted by Sidogiri minimarket customer in District of Blega and surrounding areas. Using quantitative method by descriptive and explanatory analysis, with purposive sampling technique, and analysis with multiple linear regression using SPSS computer software 16. The result of this research with descriptive analysis indicate that the store image of Sidogiri Blega minimarket consisting of the dimensions of merchandise, convenience, store atmosphere, and service is in high category. Purchase Intention of Sidogiri Blega minimarket as a whole is in the high category too. The results of the F test analysis simultaneously indicate that store image is positive and significantly affect to the purchase intention of Sidogiri Blega minimarket. Partially, by t test analisys indicate that the dimensions of merchandise have positive effect but not significant, dimensions convenience have positive and significant impact, the dimensions of store atmosphere have positive and significant, and the service dimension have positive and significant impact. This study shows that 90.7% purchase intention of the Sidogiri Blega minimarket affected by store image. Dimensions of service indicate the most influence to purchase intention. Keywords : Store Image, Merchandise, Convenience, Store Atmosphere, Service, and Purchase Intention.