Detail Karya Ilmiah
-
PEMENUHAN HAK KONSTITUSI TERHADAP DISABILITAS DALAM BIDANG PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURAPenulis : SAIFUDDINDosen Pembimbing I : R.Wahjoe Poernomo Soeprapto S.H, M.H.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Berdasarkan tujuan bangsa Indonesia yang ingin memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, maka sudah menjadi sebuah hak bagi putera putri Indonesia untuk mengenyam pendidikan dan menikmati kemakmuran bangsa. Namun, hal ini ternyata tak mampu dirasakan oleh sebagian kecil warga Indonesia. Dengan alasan memiliki kecacatan, baik fisik maupun mental. Anak dan orang tua yang pada dasarnya juga warga Indonesia ini harusnya mampu menikmatai segala bentuk fasilitas ataupun pelayanan umum yang telah disediakan, baik itu pendidikan, kesehatan, pelayanan keamanan dan lain halnya lagi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk memaparkan halhal yang berkaitan dengan penyandang disabilitas yang memiliki hak yang sama. Metode penelitian yang digunakan jenis penelitian hukum normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka dan dikuatkan dengan wawancara. Hasil penelitian Sebagai warga negara Indonesia kedudukan, hak, kewajiban, dan peran penyandang cacat adalah sama dengan warga lainnya..Perlindungan yang diberikan pada Undang-Undang dalam meberikan perlindungan hukum terhadap kedudukan, hak, kewajiban dan peran para penyandang cacat. Terkait dengan sarana dan prasaran di UTM untuk penyandang disabilitas Ada, namun masih kurang memadai diantaranya yaitu ram (tangga yang tidak beranak), lift dan toilet. UTM sampai saat ini masih belum ada yang mendaftar terkait mahasiswa disabilitas. Mungkin dengan hal tersebut untuk sarana dan prasarana disabilitas belum dilengkapi. Kata Kunci : Hak Konstitusional-Disabilitas-Pendidikan
AbstractionBased on the goal of the Indonesian people who want to promote the general welfare and educate the life of the nation, it has become a right for the son of the Indonesian princess to receive education and enjoy the prosperity of the nation. However, this fact was not able to be felt by a small number of Indonesian citizens. By reason of having a disability, both physical and mental. Children and parents who are basically Indonesian citizens should be able to enjoy all forms of facilities or public services Which has been provided, be it education, health, security services and so on. Therefore, this research is conducted to describe things related to persons with disabilities who have the same rights. The method of research used the type of normative legal research is legal research conducted by examining the literature and reinforced by interview. Research results As a citizen of Indonesia's position, rights, obligations, and the role of persons with disabilities are the same as other citizens. The protection afforded by the Law in giving Legal protection of positions, rights, obligations and roles of persons with disabilities. Related to facilities and infrastructure in UTM for persons with disabilities There are, but still inadequate among them are ram (ladder no child), elevator and toilet. UTM until now still no one to register related to student disability. Perhaps with that for the facilities and infrastructure disabilitas not yet equipped. Keywords: Constitutional Rights-Disability-Education