Detail Karya Ilmiah

  • PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KARANGCANGKRING DUKUN GRESIK
    Penulis : ILMIYATUL MANSUROH
    Dosen Pembimbing I : Dony Burhan Noor Hasan,Lc.,MA
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah tentang bagaimana implementasi CSR (Corporate Social Responbility) di BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur serta bagaimana peran CSR (Corporate Social Responbility) terhadap kehidupan ekonomi masyarakat desa Karangcangkring Dukun Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap manager dan karyawan BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Jawa Timur serta kepada masyarakat desa Karangcangkring yang menerima dana CSR serta dokumentasi yang berhubungan dengan data-data penelitian dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan CSR yang dilakukan oleh BMT merupakan salah satu bentuk promosi dan CSR juga berperan sebagai alat penghubung antara BMT dengan masyarakat sekitar dan setiap bulannya BMT menganggarkan sebesar 2,5% untuk kegiatan CSR nya, dan bagi penerima dana CSR ternak kambing bantuan tersebut dirasa sangat membantu perekonomian masyarakat desa Karangcangkring dan dapat menjadikan masyarakat lebih produktif dan kreatif. Kata Kunci: Corporate Social Responbilty (CSR),ekonomi masyarakat, BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring.

    Abstraction

    ABSTRACT This research is conducted to answer some research problems about how is the implementation of CSR (Corporate Social Responsibility) in BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring, East Java and how the roles of CSR (Corporate Social Responsibility) to the economic situation of Karangcangkring people Dukun Gresik. This research used qualitative research method with descriptive approach by using data collection such interview to the manager and employers of BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring, East Java and people of Karangcangkring who received CSR funding and documentation which related to research data. In this research, data analysis technique is descriptive analysis and data test validity used credibility test which is done by source triangulation technique The result of this research shows that the activity of CSR which is conducted by BMT is one of the promotion technique and CSR has roles as communication tool between BMT and people. BMT has budget around 2.5% to the activities of CSR each month. For the CSR fund receiver, the goats which is delivered to the people help their economy condition in Karangcangkringdan make them be more productive and creative. Keywords : Corporate Social Responbilty (CSR), economic people, BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring.

Detail Jurnal