Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI BMT MANDIRI SEJAHTERA KARANGCANGKRING JAWA TIMUR
    Penulis : Lailatul Masudah
    Dosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.HI.,M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    i Universitas Trunojoyo Madura ABSTRAK “Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota (Studi Kasus di Koperasi BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas anggota di Koperasi BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring baik secara parsial maupun secara simultan, dengan menggunakan 4 variabel dari relationship marketing untuk mengukur loyalitas anggota yaitu variabel Bonding(Ikatan), Emphaty (Empati), Reciprocity (Timbal Balik) dan Trust (Kepercayaan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian kuantitatif merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan variabel. Variabel-variabel ini diukur sehingga data yang terdiri dari angka-angka dapat dianalisis berdasarkan proses statistik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan Uji t untuk menguji pengaruh antar variabel X dengan variabel Y secara parsial serta Uji F untuk menguji variabel X terhadap variabel Y secara simultan dengan nilai signifikansi 0.05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai variabel independent secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi variabel dependen yaitu loyalitas anggota (Y).Secara parsial, variabel emphaty, reciprocity, dan trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota, sedangkan variabel bonding tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Berdasarkan tabel model summary diketahui bahwa nilai adjusted R Square adalah sebesar 0.717 hal ini menunjukkan 71.7% relationship marketing dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen bonding, reciprocity, emphaty dan trust. Sedangkan sisanya sebesar 28.3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi Kata Kunci : Relationship Marketing, Bonding, Emphaty, Reciprocity, Trust, Loyalitas Anggota

    Abstraction

    ii Universitas Trunojoyo Madura ABSTRACT "The Effects of Relationship Marketing toward Loyalty Members (Case Study in Koperasi BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring)" This study aims to investigate the effect of relationship marketing to loyalty members in Koperasi BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring either partially or simultaneously, using four variables of relationship marketing to measure the loyalty of members that is the variable of Bonding (bonding), Empathy (Empathy), Reciprocity (reciprocal) and Trust (Trust) This study used quantitative method with the type of research is survey. The quantitative research is a method to test certain theories by analyze the relationship variables. These variables were measured so that the data are consisting of the numbers which can be analyzed by statistical process. The analysis technique used in this research is to test the instrument, the classical assumption test, multiple linear regression and hypothesis testing using t test to test the effect between variables X with variables Y partially and F test to test the variable X to variable Y simultaneously with significant value 0:05 ( 5 % ) . Based on the results showed that the value of the independent variables simultaneously (together) affect the dependent variable is a loyal member (Y). In partial , variabelemphaty, reciprocity , and trust significant effect on the loyalty of members, while the bonding variables no significant effect on the loyalty of members. Based on the model table summary note that the adjusted R Square is at 0717 it showed 71.7 % relationship marketing can be explained by four independent variables bonding, reciprocity, empathy and trust. While the rest of 28.3 % is explained by other variables not included in the regression model Keywords : Relationship Marketing, Bonding, Emphaty, Reciprocity, Trust, Loyalty Members

Detail Jurnal