Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH IMPLEMENTASI NILAI NILAI ISLAM TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG (Studi Kasus di Pasar Syariah Az-Zaitun I Kutisari Surabaya)
    Penulis : choirul anas
    Dosen Pembimbing I : Lailatul Qadariah S.HI., M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Berdirinya Pasar Syariah Az-Zaitun I Kutisari Surabaya dengan situasi pasar yang kondusif dengan penerapan nilai Islamnya mampu memaksimalkan aktifitas ekonomi dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti “Pengaruh Implementasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Pendapatan Pedagang, Studi Kasus di Pasar Syariah Az-Zaitun I Kutisari Surabaya”. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai Islam di Pasar Syariah Az-Zaitun Kutisari I Surabya dan pengaruhnya terhadap pendapatan pedagang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif tepatnya asosiatif hubungan klausa dan menggunakan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder, menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumenter. Menggunakan pengujian data dengan uji validitas, reabilitas, asumsi klasik berupa uji normalitas, hetrokedatisitas dan multikorelasi sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan uji T. Nilai-nilai Islam yang diterapkan di Pasar Syariah Az-Zaitun I Kutisari Surabaya berupa halal, alat timbangan, alat ukur tepat, jujur, bersaing secara sehat, bersih, tidak merokok, keuntungan tidak lebih dari dua kali inflasi dan harga sewa sesuai kesepakatan. Berdasarkan uji T secara parsial variabel timbangan atau alat hitung tepat, bersih dan murah meriah berpengaruh positif signifikan terhadap variabel pendapatan. Sedangkan variabel halal, jujur dan tidak merokok tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel pendapatan. Dan berdasarkan uji F secara simultan variabel halal, timbangan atau alat hitung tepat, bersih jujur, tidak merokok dan murah-meriah berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan. Kata Kunci: Nilai-Nilai Islam, Pendapatan Pedagang, Pasar Syariah

    Abstraction

    ABSTRACT The establishment of Az-Zaitun I Islamic Market in Kutisari Surabaya with conducive situation and the implementation of Islamic values is able to maximize the economic activitiy well. Based on that, so the writer interests to analyze “The Effect of the Implementation of Islamic Values on the Traders’ Income, A Case Study in Az-Zaitun I Islamic Market in Kutisari Surabaya”. This study is to know how the implementation of Islamic values in Az-Zaitun I Islamic Market in Kutisari Surabaya and the effect on the traders’ income. Method which used in this study is quantitative method precisely clause relationship associative and uses descriptive analysis. The sources of data in this study are primarily and secondary data that use questionnaire, interview, and documentation as technique of collecting data. To test the data, it uses validity test, reliability test, classical assumption such as normality test, heteroskedasticity and multi correlation, while the test of the hypothesis uses F test and T test. The Islamic values which are implemented in Az-Zaitun I Islamic Market in Kutisari Surabaya such as halal, the scale, the precise measuring instruments, honest, supportively compete, clean, no smoking, gain the benefit not more than two times of the inflation rate, and the rental price based on the agreement. Based on the T test, partially the variables of the scale or the precise measuring instruments, clean and cheap have a significant positive effect on the variable of income. Moreover, the variables of halal, honest, and no smoking do not have significant effect on the variable of income. And based on the F test, simultaneously the variables of halal, the scale or precise measuring instruments, clean, honest, no smoking, and cheap have significant positive effect on the income. Keywords: Islamic Values, Traders’ Income, Islamic Market

Detail Jurnal