Detail Karya Ilmiah
-
ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN UJRAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH EMAS iB BAROKAH PADA BANK JATIM SYARIAH CABANG SURABAYAPenulis : NOVITA STEFANI PUTRIDosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rohman, S.Ag.,M.EIDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan dan ujrah yang diberikan di Bank Jatim Syariah Cabang Surabaya. Kepuasan nasabah tersebut diukur dengan metode penelitian eksolanatory yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuisioner dibagikan kepada nasabah sebanyak 50 (lima puluh) kuisioner. Metode analisi data dilakukan dengan metode analisis regresi berganda yaitu untuk mengetahui kolerasi dan pengaruh antara variabel bebas X (kualitas pelayanan) dan variabel terikat Y (kepuasan nasabah). Dari hasil analisis dapat diketahui variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah baik secara simultan maupun secara parsial. Hasil dari analisi juga diketahui bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah adalah variabel Reliability. Dalam hal ujrah nasabah sangat puas karena ringan, persentasenya hanya 1.2% untuk perhiasan dan 1,1% untuk gold bar. Kata kunci: Kualitas pelayanan, ujrah, kepuasan nasabah
AbstractionThis study aimed to analyze the influence of customer satisfaction on service quality and ujrah given Syariah Branch Surabaya Bank Jatim. Customer satisfaction is measured by the method eksolanatory research is research that intends to explain the position of the variables that were analyzed and the relationship between one variable with another variable. This study uses primary data through questionnaires distributed to customers by 50 (fifty) questionnaire. Methods of data analysis was conducted using multiple regression analysis is to determine the correlation and the influence of the independent variable X (quality of service) and the dependent variable Y (customer satisfaction) From the analysis it is known service quality variables have an influence on customer satisfaction either simultaneously or partially. The results of the analysis also found that the variable most dominant influence customer satisfaction is variable Reliability. In the case of Ujrah customers are very satisfied because it is lightweight, the percentage is only 1.2% to the jewelery and 1.1% for gold bars. Keywords: Quality of care, ujrah, customer satisfaction.