Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah tentang bagaimana implementasi promo KPR Berjenjang serta bagaimana pengaruh model promo KPR Berjenjang terhadap tingkat penjualan produk KPR periode Februari-Juli 2016 di Bank BTN Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatatan analisis dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa data primer, wawancara serta dokumentasi yang berhubungan dengan data-data penelitian dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teori statistic sebagai alat untuk mengukur variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah regresi sederhana. Variabel yang digunakan adalah X dan Y. Variabel X sebagai variabel independen yakni KPR berjenjang dan variabel Y sebagai variabel dependen yakni Total KPR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Margin promo KPR Berjenjang Bank BTN Syariah adalah fasilitas KPR yang diberikan oleh Bank BTN Syariah yang dipergunakan hanya untuk keperluan pembelian rumah yang memberikan keringanan berupa sebagian angsuran pokok sampai tahun ke tiga (3) sehingga pada tahun ke empat (4) angsuran kembali normal mengikuti margin counter yang berlaku sesuai dengan jangka waktu pembiayaan. Margin promo ini diberikan secara selektif kepada calon nasabah yang memiliki profil risiko rendah. Sedangkan dari hasil Uji T diketahui bahwa nilai signifikansi dari KPR Berjenjang adalah 0.354 nilai sig > dari nilai probabilitas 0.05. Maka Ha ditolak dan H0 diterima. Hal ini berarti model promo KPR Berjenjang tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat penjualan produk KPR. Kata Kunci: Promosi. Penjualan. KPR Berjenjang.

    Abstraction

    This study was conducted to answer the problem on how to implement the tiered home loan promotion and the effects of tiered home loan promotional models toward the level of home loan product sales on February to July 2016 at the bank BTN Syariah. This study uses descriptive quantitative method with analysis approach. The data collection techniques uses primary data, through interviewing, and providing documentation related to the research data, while the data analysis technique is descriptive analysis. The approach which is used, is quantitative statistical theory as a guidance to measure the variables are studied. In this study, the instrument used is simple regression. The variables used are X and Y. X variable is independent, which is the tiered home loan. Meanwhile, Y is as the dependent variable, which is the total home loan. The result of this study showed that the margin of tiered home loan promotion of BTN Sariah is a home loan facility given by BTN Sariah which is aimed only for house purchasing that gives the bank’s clientele a discount for main installment payment until the third year. The fourth payment will be back to the normal rate following the margin counter based on the period of payment. This promo margin is given selectively to the bank’s clientele whose the risk profile is the lowest. However, the result of the T-test showed that the significant value of tiered home loan is 0.354 sig value > from 0.005 probability value. Therefore, Ha is refused and H0 is accepted. The conclusion is that the tiered home loan promotion of BTN Sariah doesn’t have significant effect towards the home loan product selling. Keywords: promotion, selling, tiered home loan

Detail Jurnal