Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIP-PRINSI SYARIAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HOTEL SYARIAH (STUDI KASUS DI HOTEL ANDITA SYARIAH SURABAYA)
    Penulis : Selvia Apriliana
    Dosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.HI.,M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan hotel syari<’ah baik secara parsial maupun simultan, dengan menggunakan 2 variabel, untuk mengukur kepuasan pelanggan yaitu variabel pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syariah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji T untuk menguji pengaruh antar variabel X dengan variabel Y secara parsial. Serta uji F untuk menguji variabel X terhadap secara bersama-sama dengan nilai signifikansi 0,05 (5 %). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Adjusted R square pada hasil uji koefisien determinasi sebesar 51,10 yang menunjukkan 51,10% dapat djelaskan oleh pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari<’ah, sedangkan sisanya sebesar 48,90% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi. Berdasarkan uji T, kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari<’ah berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan hotel syari<’ah

    Abstraction

    ABSTRACT This study aims to determine the quality of service and application of the principles of sharia and its influence on customer satisfaction hotel syari<’ah either partially or simultaneously, using two variables for measuring customer satisfaction is the variable of service and application of the principles of sharia. This type of research is quantitative descriptive approach. The analysis technique used in this research is multiple linear regression and hypothesis testing using T test to examine the influence between variables X with variables Y partially. As well as the F test to test the variable X to be together with the value of 0.05 (5%). Based on the results of the study showed that the value of Adjusted R square on the test results of determination coefficient of 51.10 which indicates 51.10% can djelaskan by services and application of the principles of syari<’ah, while the remaining 48.90% is explained by other variables not included in the regression model. Based on the test T, quality of service and application of the principles of syari<’ahpositive effect on customer satisfaction syari<’ah hotel. Keywords: Service, Principles Syari>’ah, Customer Satisfaction

Detail Jurnal