Detail Karya Ilmiah
-
Strategi bersaing home industri krupuk amplang dalam perspektif ekonomi islam ( studi kasus di desa kertasada kec.kalianget kabupaten sumenep)Penulis : masjinawatiDosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah,SHI.,M.EIDosen Pembimbing II :-Abstraksi
Masjinawati_120721100044, Lailatul Qadariyah, SHI., M.EI _ NIP. 198207192008122001Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Keislaman, Universitas Trunojoyo MaduraJl. Raya telang.PO BOX 2.Kamal, Bangkalan-69162 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah tentang bagaimana strategi bersaing home industri krupuk amplang dalam perspektif ekonomi islam di desa kertasada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara terhadap produsen home industri krupuk amplang serta teknik dokumentasi yang berhubungan dengan data-data penelitian dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bersaing home industri krupuk amplang di Desa Kertasada yakni, Dari 8 home industri 4 home industri atau 50% home industri yang bersaing di desa Kertasada Kec. Kalianget mengutamakan kualitas produk untuk mempertahankan produknya dengan produsen krupuk amplang.Sementara 25% atau 2 home industri lainnya memfokuskan pada pemasaran dan segmentasi pasar. Dimana produsen selain memperhatikan produk ia juga sangat memperhatikan strategi pemanasan untuk menarik lebih banyak konsumen. Dari 25% sisanya menitikberatkan pada harga jual, seperti gratis antar jemput dan memanfaatkan moment-moment tertentu untuk menaikkan harga. sedangkan pada perspektif ekonomi islam home industri yang ada di Desa Kertasada bersaing dengan cara yang sehat. Kata Kunci: Home Industri, Krupuk Amplang, Strategi Bersaing
AbstractionABSTRACT This research was conducted to answer some problem formulation about how to compete industry strategy of krupuk amplang in perspective of Islamic economy in papaya village. this research uses qualitative method with descriptive approach by using data collecting technique in the form of interview to the manufacturer of krupuk amplang home industry as well as documentation techniques related to research data and data analysis techniques used in this research descriptive analysis. The results of this study indicate that the competitive strategy of industrial krupuk amplang in Kertasada Village that is, From 8 home industries 4 home industry or 50% home industry competing in the village KertasadaKec. Kalianget prioritizes product quality to maintain its products with krupuk amplang.Sementara producers 25% or 2 other home industries focus on marketing and market segmentation.Of the remaining 25% focus on the selling price, such as free pickup and take advantage of certain moments to raise prices. While on the economic perspective of Islamic home industry in the village of Kertasada compete in a healthy way. Keywords: Home Industry, Krupuk Amplang, Competitive Strategy