Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG KONSEP MASLAH>AH TERHADAP PENGGUNAAN DANA LIVING COST MAHASISWA BIDIK MISI (Studi Kasus Mahasiswa Bidik misi 2012- 2014 Universitas Trunojoyo Madura)Penulis : Zainiyatul AfifahDosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.HI., M.EIDosen Pembimbing II :Abstraksi
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pengetahuan Tentang Konsep Mashlah>ah terhadap Penggunaan Dana Living Cost Mahasiswa Bidik Misi Universitas Trunojoyo Madura” bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pola konsumsi sehari-hari mahasiswa bidik misi dalam menggunakan dana Living Cost dan sejauh mana pengetahuan mereka mengenai konsep Mashlah>ah bisa berpengaruh terhadap penggunaan dana Living Cost yang mereka terima setiap bulannya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental, dengan populasi seluruh mahasiswa penerima beasiswa bidik misi di Universitas Trujoyo Madura tahun 2012-2014 dengan jumlah total 3581. Penarikan sampel menggunakan tekhnik Proportionate Stratified Random Sampling dengan memakai rumusan alokasi proportional dari Sugiyono dan diperolah hasil 97 responden. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yakni dengan regresi linear sederhana dengan menghimpun data dari kuesioner yang disebarkan secara proporsional kepada seluruh mahasiswa bidik misi di setiap fakultasnya yang didukung dengan studi dokumentasi serta literatur pendukung yakni dari data yang sudah tertulis dan diolah oleh orang lain dan peneliti hanya tinggal merekam melalui rumus statistik. Data menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pengetahuan yang baik mengenai konsep mashlah>ah dalam komsumsi, serta pengetahuan mahasiswa mengenai konsep mashalh>ah dalam penelitian ini memiliki pengaruh positif terhadap penggunaan dana living cost yang dilakukan, hal ini bisa dilihat dari sisi pola kunsumsi sehari-hari yang juga dikategorikan dalam kategori baik. Akan tetapi 31% penggunaan mahasiswa dalam bidang makanan dan uang saku bulan dalam kategori tinggi, serta 19% diantaranya hanya bisa menggunakan dana living cost yang mereka terima untuk uang saku dan uang makan bulanan saja, dan terdapat 6% yang hanya menggunakan untuk pembayaran tempat tinggal/kos. Di lain sisi alokasi dana untuk keperluan bahan-bahan yang mendukung pembelajaran juga terbilang sangat rendah, 80% responden hanya mengalokasikan dana 100.000-200.000 setiap semesternya. Dan sebaliknya pengeluaran dana yang terbilang cukup tinggi justru terjadi pada pembelian barang-barang elektronik, yakni 66% mahasiswa pernah menggunakan uang living cost untuk membeli barang elektronik bahkan 3% diantaranya ada yang mampu membeli motor dengan uang bidik misi yang diterima.
AbstractionThesis titled: The influence of knowledge about concept of mashlah>ah on the use of funds Living Cost of Bidik Misi students University of Trunojoyo Madura aims to answer question about how consumption patterns of bidik misi students in everyday on the use of funds Living Cost and to extent of their knowledge about the concept of mashlah>ah could effect on the use of funds Living Cost that they receive every month. This research is quantitative non experimental, the population of all scholarship recipients in University o Trunojoyo Madura on 2012-2014 with total recipients are 3581 and the sampling using proportionate stratified random sampling techniques with using the proportional allocation formula of Sugiyono and the result is 97 respondents. While the research method used simple linear regression by collecting data from questionnaires distributed proportionally to all of bidik misi students in each faculty that supported with documentation study and supporting literature is from data written and treated others and researcher only live recording through stastical formula. The data shows that students have good knowledge about mashlah>ah concept in consumption, and student knowledge about mashlah>ah in this research had a positive effect on the pattern of daily consumption that also included in either category but 31% the use of students in the field monthly of foods and allowance I the high category, and 19% among them only use the fund Living Cost for the monthly meal and allowance. And there are 6% that only used to payment of residence/kos. In the other side of the allocation of funds used for purposes materials to support learning also included in the category of very low. 80% respondents only allocated 100.000-200.000 each semester and expenditure of funds is quite high happened purchase electronic goods, is 66% students ever used Living Cost for buying electronic goods, even 6% of them the are capable buy a motorcycle with money of bidik misi that received