Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI ÉMBU DAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN UNTUK KEMBALI MEMBELI(Studi Pada Pedagang di Pasar Tradisional Baru Kamal)
    Penulis : Lilik Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Dr. Abdur Rahman, S.Ag., M.EI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    xiv ABSTRAK Lilik Wulandari, “Strategi Émbu Dan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Minat Konsumen Untuk Kembali Membeli (Studi Pada Pedagang Di Pasar Tradisional Baru Kamal)”.Pembimbing : Dr. Abdur Rahman, S.Ag., M.EI, jurusan Ekonomi Syariah, 2016. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa rumusan masalah tentang bagaimana strategiémbudalam meningkatkan minat beli kembali konsumen serta bagaimana etika bisnis Islam pedagang di Pasar Baru Kamal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatatan deskriptif denganmenggunakanteknikpengumpulan data berupawawancaraterhadappedagang yang berjualan sayur-mayur, ikan, daging dan bumbu-bumbu dapur,sertateknikdokumentasi yang berhubungandengan data-data penelitiandan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi émbu di Pasar Baru Kamal yakni, dengan memberikan tambahan terhadap pembeli dengan kriteria tertentu yaitu, pembeli membeli dengan jumlah banyak, pembeli adalah pelanggan setia, dan yang ketiga pembeli berniat sedekah. Hal seperti ini dalam strategi pemasaran termasuk pada bauran promosi yakni sales promotion,dan sebanyak 66,7% dapat menarik minat konsumen untuk kembali membeli. Sedangkan pada etika bisnis Islam dalam berdagang dilihat dari Tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan ihs?n para pedagang untuk menarik minat konsumen telah menggunakn prinsip-prinsip tersebut namun sebagian masih ada yang tidak menggunakannya. Kata Kunci: Émbu, Etika Bisnis Islam, Pasar Baru Kamal.

    Abstraction

    xv ABSTRACT LilikWulandari, “Strategies Émbu And Business Ethics Islam in Increasing Interst In Consumer To Back Buying (Studies In Traders Market New Traditional Kamal)”. Advisor: Dr. Abdur Rahman, S.Ag., M.EI, Syar?ah Economic Study Program, 2016. This study was conducted to answer some of the formulation of the formulation of the problem of how the strategy émbu increase interest in buying back the consumer as well as how business ethics Muslim traders in the Market New Kamal. This study used a qualitative research method with descriptive approach using data collection techniques such as interview with vendors who sell vegetables, fish, meat and spices kitchen, as well as technical documentation relating to research data and data analysis techniques used in this research is descriptive analysis. These results indicate that strategy émbu in new market kamal namely, by providing the buyer with additional spesific criteria,namely, the buyer bought the lot number, buyers are loyalcustomers, and a third buyer intends alm. Things like this in the marketing strategy including the promotion mix, namely sales promotion mix, and as much as 66,7% can attract consumers to come back to buy. While on a business ethics of Islam in the trade views of tawheed, balance, free will, responsibility, and Ihs?n traders to attrackt customers have been using these principles, but some still do not use them. Keywords: Émbu, Ethics, New Market Kamal.

Detail Jurnal