Detail Karya Ilmiah

  • Pemetaan Pola Kecerdasan Emosi Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan)
    Penulis : Faridatun Inayah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M.Si.
    Abstraksi

    Melalui pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas manusia oleh pendidik kepada peserta didik. Peranan seorang guru sangat berpengaruh terhadap hasil yang dicapai siswa. Sebagai guru yang profesional pola emosi guru harus dikontrol dalam melakukan pemlajaran di SD pada mata pelajaran IPS untuk membentuk warga negara yang baik dan mengamalkan nilai-nilai sosial di lingkungan masyarakat. Kemampuan kecerdasan emosi akan membuat seseorang mengenali perasaan diri dan orang lain, mampu memotivasi diri, mampu mengelola emosi dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik purposivve sampling. Objek yang diteliti yaitu guru kelas dalam pembelajaran IPS di SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Pengendalian emosi dilakukan guru dengan cara tidak membawa rasa emosi di kelas, mengontrol emosi diri, sadar diri, saling menjaga komunikasi, menunjukkan sikap diam. Pemetaan pola kecerdasan emosi guru dalam mata pelajaran IPS digambarkan bahwa titik yang mampu mengembangkan kecerdasan emosi guru adalah pada kategori mengelola emosi diri. Kata kunci: Pemetaan, Kecerdasan emosi guru, Mata Pelajaran IPS SD

    Abstraction

    Education aims to improve the human quality from educator to pupil. The role of educator is very influrntial in the final result of pupils. As the professional educator, an emotional pattern of educator should be controlled in a way of studying social science for primary education in purpose to establish the good character of citizens and applying the social values to society. Emotional intellegence would help someone understanding their own motion and others, be capable to motivate their self, controlling the emotion, and having long-lasting relationship with other people. The research uses a descriptive qualitative approach by doing an observation, interview, and documentation with purposive sampling technique. The object of this research is social science teacher of the forth primary school of Socah, Bangkalan. The emotional control has been done by educator with come to class with no anger nor sadness , Controlling emotion for self, Mutually looks after communicate, be self dan keep silent. Mapping of educator’s emotional intellegence in a way of subject study social science shows that controlling their own emotion is a emotional intellegence itself category. Keywords: Mapping, Educator emotional intellegence, study social science of elementary school.

Detail Jurnal