Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE 3D DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KASENGAN II SUMENEP
    Penulis : SUTRISNO EKO SAPUTRO
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M,Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang kreatif dan inovatif saat pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media yang dapat menarik dan memotivasi siswa untuk belajar. Sebagian guru biasanya hanya menggunakan buku teks sebagai pedoman pembelajaran. Namun, guru kelas II ini memiliki banyak kreativitas dan inovasi sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle 3D, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan mendeskripsikan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media puzzle 3D pada siswa kelas II SD Negeri Kasengan II Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsitif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru wali kelas II dan siswa kelas II yang berjumlah 13 siswa di SD Negeri Kasengan II Sumenep. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media puzzle 3D terdiri dari delapan langkah pembelajaran. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi yaitu siswa semangat dan mandiri dalam menulis karangan deskripsi. Hasil menulis dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mendapat nilai bagus pada aspek sistematika dalam mendeskripsikan dan ketepatan dalam mendeskripsikan. Sedangkan, pada aspek penilaian kerapian penulisan dan aspek penguasaan bahasa siswa mendapatkan nilai yang kurang bagus.

    Abstraction

    The background of the study is taken from a teacher who use innovative and creative method in teaching Indonesian subject along with interesting media for motivating students in learning. Mostly, teachers only utilize text books as media for teaching. But, this teacher has lots of innovasion and creativity in teaching that makes the learning activity becomes more fun. Students are able to follow the lesson along with surrounding. The purposes of the study are to describe the implementation of learning by using 3D puzzle media, recording student activity during the lesson and describe the result of students writing skill in describing animal using 3D puzzle media on second grade of elementary at SDN II Kasengan Sumenep. The study belongs to descriptive qualitative attach with technique of documentation, observation and interview. The subjects of the study are homeroom teacher and 13 students of second grade at SDN II Kasengan Sumenep. The research results of essay descriptions writing skills learning using 3D puzzle media consists of eight learning steps. Activities of students in the following essay descriptions writing skills learning that students are spirit and independent in essay descriptions writing. The results of writing in essay descriptions writing skill learning students get good grades on aspects of systematics in describing and accuracy in describing aspects of assessment while at the neatness of writing and aspects of students' mastery of the language is not good.

Detail Jurnal