Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran "Hamtaro" Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Untuk Siswa Kelas II SDPenulis : Fitri NurMillatul HasanahDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.PdAbstraksi
Pengembangan media pembelajaran “hamtaro” dilatarbelakangi oleh sebagian besar siswa yang mengganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan kurangnya kesadaran guru dalam mengembangkan media pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan sebuah inovasi dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “hamtaro” pada Mata Pelajaran Matematika materi tentang pembagian Kelas 2 SD. Metode dalam pengembangan ini berupa metode pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan dan menguji keefektivan dari produk media tersebut. Prosedur pengembangan mengikuti prosedur dari Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Tahapan tersebut berupa identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Instrumen dalam pengembangan ini menggunakan angket, dokumentasi, dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan dari penilaian validasi ahli media pembelajaran sebesar 95%, penilaian validasi ahli desain pembelajaran sebesar 85%, penilaian validasi ahli materi sebesar 92%, penilaian uji coba produk sebesar 95%, dan penilaian uji coba pemakaian sebesar 93%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran “hamtaro” sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran “hamtaro”, matematika, pembagian
AbstractionDevelopment of learning media of “hamtaro” has been background by most student regard that mathematich is difficult lesson and less awarness of teacher develop learning media mathematics. There from, required an inovation to develop a learning media. The developing is purpose to increase learning media of “hamtaro” at mathematics lesson material about 2nd class of elementary school. The developing method is used to increase and examine effectiveness from that media product. Procedur of developing follows procedur from Borg and Gall are adapted by Sugiyono. That stage is identification problem, information collecting, product design, using testing, product revision is last stage, and masal production. Developing instrument utilize questionnaire, documentation and result of student’s learn. Analysis techique file that used is descriptive qualitative techniquw and quantitate. Research result of developing from validation rating media specialist learning as big as 95%, validation rating of design spesialist learning as big as 85%, validation rating of material specialist as big as 92%, trying rating of product as big as 95%, trying rating of using as big as 93%. That result indicates that learning media of “hamtaro” is effectively used as learning media of mathematich. Keyword: Development, Learning media of “hamtaro”, mathematics, devided.