Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Negeri Bancaran 3 Bangkalan
    Penulis : Jamilah
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode active learning tipe quiz team terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan metode Quasi Eksperiment. Penelitian dilakukan di SD Negeri Bancaran 3 Bangkalan. Teknik pengambilan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 3 yang terdiri dari kelas 3A sebagai kelas kontrol dan 3B sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas data, uji Varian untuk menguji homogenitas data, dan uji signifikansi untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan nilai thitung=5,351 dan ttabel =2,074 pada taraf signifikansi ?=0,05. Berdasarkan kriteria pengujian karena nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa metode active learning tipe quiz team memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas 3 SD Negeri Bancaran 3 Bangkalan

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the effect Active Learning Type Quiz Team Method To The Result Of Student Science Lesson. The approachment that used is quantitative approachment kind of experiment with Quasi Experiment method. This research is done in SD Negeri Bancaran 3 Bangkalan. The technique is taking the form sample in this research using samling jenuh. The sample that are taken is the 3rd class that consist of 3rd A class as countrol class and 3rd B as experiment class. The instrument of datum collection use learning result test it is multiple choice and non test instrument they are the sheet of student activities observation and the sheet of teacher activities observation. The analytic technique in this research use Kolmogorov-Smirnov test to evaluate normality, Varians test to evaluate homogeneity and Significance test to evaluate hyphotesis. The result shows thitung= 5,351 and ttabel =2,074 in the significant stardart =0,05. Based on trial because thitung > ttabel, Ho is refused, so that it can be concluted that active learning type quiz team method gives Significance effect to the student learning result science lesson subject of the 3rd class SD Negeri Bancaran 3 Bangkalan

Detail Jurnal