Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Hollywood Squares Terhadap Pemahaman Konsep Bilangan Romawi Kelas IV SDN Mlajah 2 Bangkalan.
    Penulis : Rustika Faiqoh Arindani
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S. Si., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares terhadap pemahaman konsep bilangan Romawi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Mlajah 2 Bangkalan yang berjumlah 57 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, 1) persentase rata-rata hasil validasi silabus sebesar 91,25%, RPP sebesar 89,2%, dan LKS sebesar 82,4%. Secara keseluruhan rata-rata persentase sebesar 87,62%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan dalam penelitian, 2) berdasarkan hasil penghitungan uji signifikansi, maka diperoleh nilai thitung sebesar 6,113 dan ttabel = t(?/2, n-2) = 2,069. Dengan thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak dan menunjukkan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep bilangan Romawi siswa kelas IV di SDN Mlajah 2 Bangkalan dengan pengaruh yang cukup kuat yaitu 62%. 3) berdasarkan observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata persentase pada pertemuan pertama sebesar 74,86%, pertemuan kedua sebesar 81,43% dan pertemuan ketiga sebesar 83,86%. Rata-rata persentase ketiga pertemuan sebesar 80,05%. Sehingga dapat disimpulkan siswa sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Hollywood Squares.

    Abstraction

    Researching has purpose to know the effect strategy of active learning type Hollywood Squares to the understanding concept Romawi calculation. Approachment used is quantitative research by quasi experiment design. Researching held at class IV in SDN Mlajah 2 Bangkalan about 57 students, taking sample is done according to random. Accumulation date technique is done by test method and observation. Researching result indicate, 1) percentage average of validation syllabus result in the amount of 91,25%, RPP in the amount of 89,2%, and LKS in the amount of 82,4%. According to totality of average as big as 87, 62%. There from can corelinded sets at equipment learning is valid it can be used on researching. 2) based on the counting significance test, then it is procured score tcount as big as 6,113 and ttable at = t(?/2, n-2) = 2,069. By tcount > ttable, it means H0 refuled and indicate strategy of active learning type Hollywood Squares gives effect significance to the understanding concept Romawi calculation of class IV in SDN Mlajah 2 Bangkalan. By effect that sturcly it is 62%. 3) based on observation student’s activities is gotten average score percentage on the first meeting as big as 74,26%. The second meeting as big as 83,85%. and the third meeting as big as 20,05%. The percentage average on the third meeting as big as 20,05%. There from it can be concluded that student is are categorized very active follow learning process by using strategy of active learning type Hollywood Squares.

Detail Jurnal