Detail Karya Ilmiah

  • PERILAKU MENYONTEK DITINJAU DARI SELF EFFICACY DAN LOCUS OF CONTROL PADA SISWA SDN X
    Penulis : WIDYANINGSIH
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag.,M.Si
    Abstraksi

    Abstrak Perilaku menyontek merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan. Banyaknya perilaku menyontek yang terjadi dikalangan pelajar perlu diantisipasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan siswa menyontek, serta untuk mengetahui bagaimana perilaku menyontek siswa jika ditinjau dari self-efficacy dan locus of control pada siswa SDN X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa hal yang menyebabkan siswa menyontek, diantaranya adalah percaya diri siswa, materi pelajaran yang susah, remedial/kegagalan yang pernah dialami oleh siswa, faktor demografi, faktor situasional, dan faktor kesiapan belajar. Sedangkan apabila perilaku menyontek ditinjau dari self-efficacy siswa maka yang menyebabkan siswa menyontek yaitu dimensi level. Dimensi level yaitu berkaitan dengan tingkat kesulitan tugas yang dihadapi oleh siswa. Apabila perilaku menyontek ditinjau dari locus of control maka yang menyebabkan siswa menyontek yaitu aspek powerfull other, dan aspek chance atau yang disebut dengan locus of control eksternal. Kata Kunci: perilaku menyontek, self efficacy, locus of control

    Abstraction

    Abstract Cheating behavior is one of the problems faced by educational institutions. The number of cheating behaviors that occur among students need to be anticipated. The aims of this study are to find out what are causing students cheat, and to find out how the cheating behavior of the students if it is seen from self-efficacy and locus of control on the students at SDN X. This study uses descriptive qualitative approach. The informants in this study are fourth grade, fifth grade, and sixth grade students at SDN X. Techniques of collecting data which used are interview, observation, and documentation. The results of this study show that there are several things that causing students cheat, such as students’ confident, the difficult learning material, remedial/failures that have been experienced by the students, demography factor, situational factor, and factor of readiness to learn. Whereas, if cheating behavior is seen from self-efficacy of the students, so the thing that causing students cheat is dimensional level. Dimensional level is related to the difficulty level of the task which faced by the students. If the cheating behavior is seen from locus of control, so the things that causing students cheat are the aspects of powerfull other and chance or what is called by external locus of control. Keywords: cheating behavior, self efficacy, locus of control

Detail Jurnal