Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penerapan Model Peraihan Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Made IV Lamongan
    Penulis : Nurul Alfiyah Widiyawati
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian “Pengaruh Penerapan Model Peraihan Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Made IV Lamongan” bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model peraihan konsep terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas V SDN Made IV Lamongan. Penelitian ini dilakukan di SDN Made IV Lamongan dengan fokus pembelajaran PKn pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan penelitian quasi experimental design dengan menggunakan nonequivalent control group design yang terdapat dua kelas dan tanpa diacak. Kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model peraihan konsep, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan model konvesional. Instrumen utama yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan angket respon siswa dengan 15 pernyataan tertutup. Observasi aktivitas siswa pertemuan pertama rata-rata skor 3,11 kategori baik dan pertemuan kedua rata-rata skor 3,26 kategori baik, Hasil dari angket respon siswa diperoleh rata-rata 83,54% dengan kategori sangat kuat. Pada pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,616 yang berarti Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model peraihan konsep terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Peraihan Konsep, PKn, Hasil Belajar

    Abstraction

    A study about “The Influence of Application Concept Attainment Model to the Learning Outcomes of Civic Education Subjects of the Fifth Grade Students of Elementary School in Made IV Lamongan” has a good to know there any the influence of application concept attainment model to the learning outcomes students in eksperiment class and control class of fifth grade of elementary school in Made IV Lamongan. This assessment was done in Made IV Lamongan which focuses on the learning Civic Education in The Unitary State of the Republic of Indonesia material. The kind of this research is experimental research using research quasi experimental design with nonequivalent control group design in two group without random. Experimental class using concept attainment model but control class using conventional model. The prime instrument that is applied is multiple choice consist of 20 questions and respondent questioner consist of 15 closed statements. Observation of students activity in the first lesson get average score 3,11 with good category and the second lesson get average score 3,26 with good category. Result of student responses questioner get average 83,54% with very strong category. In hypothesis get the result 2,616 for t statistic to test, which means Ho is rejected. So it can be conclude that there is a influence of application concept attainment model to the learning outcomes students. Keyword: concept attainment model, Civic Education, learning outcomes

Detail Jurnal