Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Media Lagu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Pejagan 2
    Penulis : FIKROTUL MARDLIYAH
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media lagu terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pejagan 2 Bangkalan. Teknik pengambilan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik solvin. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 2 yang terdiri dari kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 2B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen non-tes berupa lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas data, uji Varian untuk menguji homogenitas data, dan uji signifikasi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung= 3,91 dan ttabel= 2,08. Berdasarkan kriteria pengujian karena nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media lagu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Pejagan 2 Bangkalan. Hasil observasi aktivitas keterampilan kooperatif siswa, pada pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 77% dan pada pertemuan kedua sebesar 89%. Sehingga, rata-rata persentase aktivitas keterampilan kooperatif siswa pada pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media lagu sebesar 83% dan termasuk kategori Sangat Baik.

    Abstraction

    This research has purpose to undestand the influence cooperative learning model type TGT with song media toward learning result of mathematics student. The approach used in this research is quantitative experiment with form Quasi Experiment. This research be held in SD Negeri Pejagan 2 Bangkalan. The technique is taking the form sample in this research using solvin technique. The sample taken is student of the 2nd class that consist from 2nd A class as experiment class and 2nd B class as controlling class. The used instrument are test instrument consist multiple choice and non-test instrument consist observation sheet. The analytic technique in this research use Kolmogorov-Smirnov test to evaluate normality, Varians test to evaluate homogeneity and Significance test to evaluate hyphotesis. The result of research show value tcount= 3,91 dan ttable= 2,08. Based criteria examines because value tcount > ttable, Ho is refused. So, there is influence cooperative learning model type TGT with song media toward learning result of mathematics student of 2nd class of SD Negeri Pejagan 2 Bangkalan. The result observation activity student’s cooperative, in the first meeting is gotten persentage 77% and the second meeting 89%, so the average activity cooperative student in cooperative type TGT learning with song media 83% and it include very good category.

Detail Jurnal