Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI ISI DONGENG PADA SISWA KELAS III SDN DUKO TIMUR 01 PAMEKASANPenulis : Fitria IsnainyDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S. Pd., M. PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S. S., M. PdAbstraksi
ABSTRAK Penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching melalui empat strategi yaitu merangkum, membuat pertanyaan, mengklarifikasi, dan memprediksi dapat menyajikan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng pada siswa kelas III SDN Duko Timur 01 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 65,75 dan 87,5. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat mengubah hasil belajar siswa sebesar 87,5. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung= 3,747 > t_tabel = 2,101, maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru secara klasikal memperoleh nilai sebesar 88% dengan kategori sangat baik dan hasil observasi aktivitas siswa secara klasikal memperoleh nilai 85,625% yang berkategori sangat baik. Aktivitas pelaksanaan pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam memahami isi dongeng. Kata Kunci: model pembelajaran, Reciprocal Teaching, hasil belajar
AbstractionABSTRACT The using of Reciprocal teaching learning model starts from 4 strategies. They are making of summary, making of question, clarification, and predicting of nice and interesting presentation of learning. This research is aimed to know the effect of Reciprocal teaching learning model towards the student’s study result in understanding the content of fairy tale on the students of third grade in Duko Timur 01 Elementary School, Pamekasan. This research uses quantitative method with research design Quasi Experimental with the kinds of Nonequivalent Control Group Design. The sample choice in this research uses saturation sample technique. The sample which is used in this research is 40 students. The technique of collecting data uses instrument of study result test and observation form. The result of this research shows that the mean of pretest and posttest score in experiment group are 65,75 and 87,5. The result of simple linear regression test shows that Reciprocal teaching learning model can influence the student’s study result around 87,5. Based on the result of hypothesis test is gotten t_arithmetic = 3,747 > t_tabel = 2,101, so that Ho is rejected, it means that there is significant effect between Reciprocal Teaching learning model towards the student’s study result. The result of teacher’s activity observation classically get score around 88% with very good category and the result of student’s activity observation classically get score 85,625% with very good category. Learning activities have a positive impact on study result of the students in understanding the content of fairy tales. Key words: Learning Model, Reciprocal Teaching, Study Result.