Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Inkuiri Pada Materi Model Perubahan Energi di Kelas IV SDN Bancaran 01 BangkalanPenulis : Nuning Nur YulianiDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S,Si., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ipa dengan menggunakan model inkuiri pada materi model perubahan energi di kelas IV SDN Bancaran 01 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan “one group pre-test post-test design”. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi guru, lembar aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Tes yang digunakan meliputi pre-test dan post-test. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran 88,95% dengan kategori “sangat baik”, aktivitas siswa pada setiap pertemuan mendapatkan skor klasikal 76,04% dengan kategori “aktif”, hasil belajar siswa secara klasikal pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik tercapai sebesar 83,56% siswa tuntas secara klasikal, respon siswa “cukup aktif”. Pada uji-t diperoleh hasil t_hitung ? t_tabel yaitu -2,052 ? -6,869 dengan taraf signifikasi ?=0,05, berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerima materi. Dapat diketaui bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri “efektif” pada mata pelajaran IPA materi model perubahan energi di kelas IV SDN Bancaran 01 Bangkalan. Kata Kunci: model pembelajaran inkuiri, efektivitas pembelajaran.
AbstractionThis study is aimed to know the effectiveness of inquiry Learning Model’s on Science subject in the material of energy changes model in class IV of SDN Bancaran 01 Bangkalan. The study uses “one group pre-test post-test design”. The collecting data is done by using research instruments, such as teacher observation sheet, students’ activity sheet, students’ questionnaire response, and achievement test. The tests used include pre-test and post-test. The results of learning implementation is 88,95% with “very good” category, students’ activity in every meeting gets classical score of 76,04% with “active” category, the classical students’ learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor reached by 83,56% students completed the classical, students’ response is “quite active”. In t-test, it is obtained the result of t_count ? t_table is -2,052 ? -6,869 with significance level ?=0,05, based on the results, it can be explained that there is a difference between students’ learning outcomes before and after gets the material. It can be seen that the use of inquiry learning model is “effective” on Science subject in the material of energy changes model in class IV of SDN Bancaran 01 Bangkalan. Keywords: inquiry learning model’s, effectiveness learning,