Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN PEJAGAN 9 BANGKALANPenulis : FAKIHATUL HIDAYAHDosen Pembimbing I : WAHID KHOIRUL IKHWAN,S.PD.,M.PDDosen Pembimbing II :IRA FATMAWATI,S.S.,M.PDAbstraksi
ABSTRAK Pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah tidak efektif dan masih menggunakan metode konvensional, sehingga perolehan hasil belajar siswa pada materi menulis karangan deskrispi masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kontekstual terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN Pejagan 9 Bangkalan. Pembelajaran dikatakan efektif apabila dapat memenuhi minimal 3 dari 4 aspek indikator keaktifan, yaitu (1) aktivitas guru dikategorikan baik, (2) aktivitas siswa dikategorikan aktif, (3) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, dan (4) respon siswa dikategorikan positif.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif True Eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, observasi, dan angket. Sistem pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling, dengan membagi kelas menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang masing-masing kelompok berjumlah 25 siswa.Hasil dari penelitian ini diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 84% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 21 dari 25 jumlah siswa. Pada aktivitas guru di kelompok eksperimen, diperoleh persentase sebesar 92,85% dengan kriteria sangat baik. Pada aktivitas siswa di kelompok eksperimen diperoleh persentase sebesar 74,74% dengan kategori siswa aktif, dan pada hasil angket respon siswa diperoleh rata-rata klasikal sebesar 90,67% dengan kriteria sangat setuju.
AbstractionABSTRACT The implementation of Indonesian language learning in school is not effectively applied and still using conventional methods, so the acquisition of student learning outcomes in material of writing description essay still low. The purpose of this study to determine the effectiveness of contextual learning for writing skills of description essay in 4thclass of SDN Pejagan 9 Bangkalan. The learning is said to be effective if it can meet at least 3 of the 4 aspects of indicators of the activity, namely (1) the activities of teachers categorized as good, (2) the activity of students categorized as active, (3) the result of students learning classical is complete, and (4) the response of students categorized as positive.The kind of research is a quantitative True Experiments using pretest - posttest Group Design. Data collection techniques is using test, observation, and questionnaires. Sampling system is using random sampling, by dividing the class into a control group and experimental group, each groups of 25 students.The results of this study were obtained percentage of classical completeness 80% with the number of students completed as many as 20 from 25 the number of students. On the activities of teachers in the experimental group, obtained a percentage of 92.85 % with the criteria very well. On the activities of students in the experimental group obtained a percentage of 74.74 % with active student category, and on the results of questionnaire responses of students gained an average of 90.67 % classical criteria very agree.