Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS MODEL SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL) MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN KELAYAN 4 SOCAH BANGKALANPenulis : Mei WahyuningsihDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Fatimatul Munaworoh, S.Si., M.SiAbstraksi
Indikator suatu pembelajaran dikatakan efektif jika tiga dari empat indikator dapat tercapai yaitu (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran baik; (3) respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif; dan (4) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan model SAVI melalui metode eksperimen pada kelas V SDN Keleyan 4 Socah Bangkalan Tahun Ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan One Group Pre-test Post- test Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan tes hasil belajar. Pengambilan jumlah sampel menggunakan teknik sampel jenuh yang semua populasi dijadikan sampel, yaitu 27 siswa kelas V SDN Keleyan 4 Socah Bangkalan. Hasil dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran pembelajaran selama 3 pertemuan adalah 93,33% yang termasuk kategori baik. Aktivitas siswa selama 3 pertemuan mempunyai rata- rata 73,3% yang termasuk kategori aktif. Untuk respon siswa diperoleh rata- rata nilai 81,97% yang termasuk kategori sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa adalah 85,19%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dari pre- test ke post- test yang dilihat dari nilai gain ternormalisasi sebesar 0,55 yang termasuk kategori sedang. Kata Kunci: SAVI, hasil belajar
AbstractionAn indicator of learning is said to be effective if three of the four indicators can be achieved, which includes (1) teacher’s ability to manage learning is good; (2) students’ activities during learning is good; (3) students’ response to learning activities is positive; and (4) students’ learning outcomes are completed the classical. This study is aimed to determine the effectiveness of learning science with SAVI model through experimental method in fifth grade students of SDN Keleyan 4 SocahBangkalan in the Academic Year of 2015 / 2016.This study is an experimental research by using One Group Pre-test Post- test Design. The collecting data uses methods of observation, questionnaire, and achievement test. Sampling uses saturated sample techniquewhich all population are sampled, that is 27 fifth grade students in SDN Keleyan 4 SocahBangkalan.The results of this study are that the learning implementation for three meetings is 93,33% which included into good category. Students’ activity during the three meetings has an average of 73,3% which included into active category. For students’ response, it is gained an average of 81,97% which included into very active category. Classical completeness of students’ learning outcomes is 85,19%. In addition, the improvement of students’ learning outcomes from pre- testtopost- testwhich is seen from the normalized gain value of 0,55 is included into medium category. Keywords: SAVI, learning outcomes