Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Pembelajaran Puisi Dalam Menanamkan Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus Kelas V SDN Pangarangan V Sumenep).
    Penulis : Anisa Fitriana.
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran puisi dalam menanamkan nilai karakter siswa di SDN Pangarangan V Sumenep. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru, siswa kelas V dan kepala sekolah. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah pembelajaran puisi yaitu pengkondisian siswa, implementasi metode dan menutup pembelajaran. (2) Nilai karakter yang muncul dalam pembelajaran puisi yaitu nilai karakter religius, gemar membaca, peduli lingkungan, tanggung jawab, cinta tanah air, semangat kebangsaan, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, cinta damai, menghargai prestasi, mandiri, jujur dan kerja keras. (3) Strategi penanaman nilai karakter meliputi: guru mengucapkan salam dan membaca do’a, menyanyikan lagu indonesia raya serta presensi dan menanyakan kabar siswa. membaca puisi bersama-sama, metode tanya jawab dan bercerita untuk menjelaskan makna di dalam puisi, memberi penugasan, memberi keteladanan, memberikan ekspresi senang saat mengajar dan pemberian rewards. (4) Apresiasi siswa terhadap puisi sebagai sarana penanaman nilai karakter yaitu: siswa sering membaca puisi, siswa yang tidak pernah mengikuti lomba baca puisi lebih banyak dibandingkan siswa yang pernah mengikuti lomba baca puisi, siswa kelas V ingin mengikuti lomba membaca puisi dan dapat juara sedangkan sebagian kecil siswa tidak ingin mengikuti lomba membaca puisi.

    Abstraction

    The aim of this study to describe the poetry learning in instilling character values in indonesian language course in SDN Pangarangan V Sumenep. This study uses qualitative descriptive research. The object of this study is the teacher, fifth grade students and principals. The technique of taking sample is snowball sampling. The results show that (1) the steps of poetry learning are conditioned students, methode implementation, and closing the teaching. (2) Characters values that appear in the poetry learning are religious character value, delight reading, care for the environment, responsibility, patriotism, national spirit, friendship/communicative, social care, love peace, recognize excellence, independent, honest and hard work. (3) the strategy of instilling character values are: Greeting, reading prayer, singing songs Indonesia highways and presence and asking about the student, reading poetry together, This study uses asking question and telling story methods to explan the meaning of poetry, giving assignments, giving good example, giving happy expression when teaching and giving rewards. (4) Students appreciation toward poetry as a means of character value are; students often read poetry, students who don’t ever follow reading poetry contest are more than students who follow reading poetry contest, fifth grade students want to follow the reading poetry contest and be a champion, while minority students don’t want to follow the reading poetry contest.

Detail Jurnal