Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN JATIKALANG 1 SIDOARJO
    Penulis : Mas'ilil Mu'arofah
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Abstraksi

    Pembelajaran IPA di SDN Jatikalang 1 Sidoarjo masih menggunakan pembelajaran konvensional yang didominasi oleh pemberian tugas dan ceramah. Selain itu, masih ada siswa yang hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa berperan aktif dan tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA siswa, keterlaksanan pembelajaran dan aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Jatikalang I. Analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independent diperoleh nilai thitung= 4,660 > ttabel= 2,024 pada taraf signifikansi 5% dan dk=38, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen diperoleh kategori sangat baik pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua masing-masing sebesar 3,43 dan 3,65; sedangkan hasil perhitungan rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh kategori sangat baik pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua masing-masing sebesar 81 dan 86. Kata kunci: pembelajaran IPA, pendekatan keterampilan proses, hasil belajar

    Abstraction

    Science learning process in Jatikalang elementary school 1 still use conventional learning process which is dominated by giving assignments and stories. Moreover, there are students which their study results have not get standard minimum grade. Therefore, give case need learning process approach which makes students active in learning process, so they act actively excited to study. This research objective are to know the effect of process approach about the science learning result of the students, handling learning process, and student activities by using process skill approach. The kind of this research is quasi experimental design with nonequivalent control group design. This research used all population as sample, it is 4th grade students in Jatikalang elementary school 1. Hypothesis analyzed by t-test, two independent samples got from value tcount= 4,660 > ttable= 2,024 in 5% significance and dk=38, so Ho rejected, therefore there are differences mean value among experimental class and control class. Briefly, it can be concluded that process skill approach can influence the student learning result. Based on handling learning process, this research categorized as excellent experimental class at first meeting and second meeting each value are 3,43 and 3,65; then based on student activities this research categorized as excellent experiment class at first meeting and second meeting each value are 81 and 86. Keyword: science learning, process skill approach, study result

Detail Jurnal