Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita dengan Metode Polya pada Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kebonagung I Kec. Babat Kab. Lamongan)
    Penulis : Dinar Dwi Putri Lestari
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Dinar Dwi Putri Lestari. 2016. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita dengan Metode Polya pada Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran (Studi Kasus Di Kelas V Sd Negeri Kebonangung I Kec. Babat Kab. Lamongan). Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Ariesta Kartika Sari, S. Si., M. Pd., Pembimbing II: Moh. Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa kelas V di SD Negeri Kebonagung I Kec. Babat Kab. Lamongan dalam menyelesaikan soal cerita dengan metode Polya pada penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di kelas V di SD Negeri Kebonagung I Kec. Babat Kab. Lamongan. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostik dan wawancara sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang dihadapi siswa sebagai berikut: (a) Kesulitan menarik kesimpulan jawaban ke dalam permasalahan semula, (b) Kesulitan melakukan pengujian jawaban, (c) Kesulitan memahami masalah atau menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, (d) Kesulitan memilih dan menentukan strategi penyelesaian masalah, (e) Kesulitan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan sebaliknya, (f) Kesulitan menyamakan penyebut menggunakan KPK, (g) Kesulitan berhitung. Faktor penyebab kesulitan siswa adalah: (a) Ketidakmampuan menerjemahkan atau kemampuan kebahasaan (linguistik knowledge) dan “schematic knowledge” masih rendah, (b) ) Tidak memahami langkah-langkah yang benar dalam mengerjakan soal cerita dengan metode Polya. (c) Ketidakpahaman prinsip mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, (d) Tidak paham konsep KPK, (e) Kurangnya penguasaan keterampilan berhitung (algoritmic knowledge). Kata kunci: Kesulitan, soal cerita, metode Polya, penjumlahan, pengurangan, pecahan campuran

    Abstraction

    Dinar Dwi Putri Lestari. 2016. Analysis of Word Problem Difficulty Polya Method on ReducingFractions Addition and Mixture (Case Study In 5th grade of primary school Kebonangung I Kec. Babat Kab.Lamongan). Thesis: Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd., Advisor II: Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRACT This study aims to analyze the difficulties faced by fifth grade students in elementary school I Kebonagung district. Kab. Lamongan in solving Polya on a story by the method of addition and subtraction of fractions mix. The approach used is descriptive qualitative approach with case study. Research conducted in the fifth grade in elementary school I Kebonagung district. Kab Lamongan. Sampling was done by purposive sampling.Data collected by diagnostic tests and interviews as the test data validity. The results showed the difficulties faced by students is, (a) difficulties test answers, (b) the difficulty drawing conclusions in answer to the original problem, (c) difficulty understanding the problem or to determine what is known and questioned in the matter, (d) the difficulty of choosing and determining the problem-solving strategies, (e) difficulty of changing the denomination mix into a common fraction and vice versa, (f) the difficulty equating the denominator used KPK, (g) difficulty counting. Factors causing difficulties faced by students in solving a story by Polya method is as follows, (a) the inability of the ability of language and "schematic knowledge" is still low, (b) does not understand the steps right in doing about the story with the method Polya, (c) ignorance of the principle of changing fractions, (d) do not understand the concept of the Commission, (e) lack of numeracy skills. Keywords: Difficulty, story’s questions, the method Polya, addition, subtraction, fractions mix.

Detail Jurnal