Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PEMBELAJARAN PANTUN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL (STUDI KASUS KELAS IV SDN BANGSELOK 1 SUMENEP)
    Penulis : DENY CAMALIA
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Kebutuhan akan pendidikan nilai moral merupakan hal yang penting untuk ditanamkan sejak dini khususnya pada anak sekolah dasar. Penanaman nilai moral dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya melalui materi pantun. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan pembelajaran pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam nenanamkan nilai moral, (2) mendeskripsikan nilai yang muncul dalam pembelajaran pantun, (3) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala saat pembelajaran pantun pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menanamkan nilai moral di kelas IV SDN Bangselok 1 Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan (1) pembelajaran pantun berkaitan menggunakan metode ekspositori divariasikan dengan tanya jawab, penugasan, serta problem solving. (2) Nilai yang muncul diantaranya adalah demokratis (berpikir logis), kerja keras, religius, jujur, tanggung jawab, mandiri, kreatif, bersahabat/berkomunikasi dan gemar membaca. (3) upaya mengatasi kendala pembelajaran pantun dalam menanamankan nilai dengan cara mengelola interaksi antara siswa, media dan strategi pembelajaran.

    Abstraction

    The need for moral values education is important to be implanted since the early, especially at elementary school student. Planting moral value can be implemented through Indonesian subjects, one of them is rhymes. This research aims to (1) describe about rhymes learning in Indonesian subject related to moral values, (2) describe about the value that appears in rhymes learning, and (3) efforts to overcome the constraints while in rhymes learning in Indonesian subject in instilling moral values on the fourth class in SDN Bangselok 1 Sumenep. This study uses descriptive qualitative approach. Techniques of collecting which are used in this study those are interviews, observation, and documentation that are committed on the fourth class in SDN Bangselok 1 Sumenep. Technique of analyzing data those are data reduction, data presentation, and conclusion/ verification. The results show that (1) rhymes learning related to expository methods that is varried with a question and answer, assignments, and problem solving, (2) Values that appear those are democratic (logical thinking), hard work, religious, honest, responsibility, independent, creative, friendly / communicating and reading. (3) efforts to overcome the constraints while in rhymes instilling moral values in way to manage the interaction between students, media, and learning strategy.

Detail Jurnal