Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SDN SENDANGREJO III NGIMBANG LAMONGAN
    Penulis : PITA SURYA DEWI
    Dosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang pembelajaran IPS dalam menanamkan karakter disiplin siswa di SDN Sendangrejo III Ngimbang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, guru memahami pembelajaran IPS dengan memperhatikan knowledge, skill, value and attitude, dan action yang dimiliki siswa. Kedua, strategi dalam pembelajaran IPS untuk menanamkan karakter disiplin dengan guru datang tepat waktu, siswa baris sebelum masuk kelas, duduk sesuai tempatnya, piket kelas, berdo’a dan menyanyikan lagu nasional, memeriksa kelengkapan seragam, mengumpulkan tugas tepat waktu, melakukan tanya jawab, memberikan reward kepada siswa yang aktif dalam pembelajaran, memberikan motivasi dan nasehat, memberikan kesimpulan materi, mengakhiri pelajaran dan mengucapkan salam. Ketiga, kendala yang dialami oleh guru dalam menanamkan karakter disiplin melalui pembelajaran IPS yaitu karakter siswa yang berbeda, sulit mengkondisikan dalam pembelajaran, kurangnya dukungan orang tua. Keempat, upaya yang diberikan guru dengan cara membiasakan siswa melaksanakan kegiatan tepat waktu, memberikan motivasi, bekerja sama dengan orang tua. Kata Kunci: pembelajaran IPS, karakter disiplin, strategi

    Abstraction

    This study has an objective to know teachers’ understanding about social science learning in instilling the discipline character of student in SDN Sendangrejo III Ngimbang. The study uses qualitative descriptive approach that the subjects are headmaster, teachers, and students. The data are collected through observation, interviews, and documentation. Data validity test uses triangulation technique. The results of the study show that first, the teachers understand the social science learning by observing the knowledge, skill, value and attitude, and action of the students. Second, the strategies in social science learning to instill the discipline character such as the teacher arrive on time, the line before entering the classroom, seat, classroom picket, pray and sing the national anthem, check the completeness of uniform, collect assignments on time, do a question and answer, give a reward to the students who are active in the learning, give motivation and advice, give a conclusion of the material, finish the lesson and say greetings. Third, the obstacles that experienced by teachers in instilling discipline character through social science learning are the different characters of the students, the difficulty to maintain the learning, and lack of support from parents. While the efforts that given by the teachers are use the students to do the activity on time, give a motivation, and cooperate with parents. Keywords:Social Sciences learning, discipline character, strategy

Detail Jurnal