Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus Pada Kelas V SDN Gili Timur 1 Kamal)Penulis : SolikinDosen Pembimbing I : Badrud Tamam S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah S.Pd., M.PdAbstraksi
Solikin. 2016. Analisis Pengembangan Keterampilan Proses Dasar Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Kelas V SDN Gili Timur 1 Kamal). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (I) Badrud Tamam, (II) Wanda Ramansyah. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan keterampilan proses dasar sains pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Untuk tujuan tersebut, penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil studi kasus di SDN Gili Timur 1 Kamal. Objek penelitian adalah RPP yang dikembangkan guru kelas V SDN GiliTimur 1 Kamal dan pelaksanaan pembelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan dasar sains dalam perumusan RPP antara lain melalui: (1) kegiatan apersepsi, (2) pemilihan media gambar dan alat peraga, (3) pemilihan pendekatan berbasis masalah, kegiatan percobaan, kegiatan memperagakan, kegiatan memprediksi hasil percobaan, penyusunan laporan hasil kerja, dan menanggapi laporan hasil kerja; (4) pemilihan multimetode seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan simulasi; serta (5) merumuskan kegiatanmenjelaskan dan menyimpulkan. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran IPA antara lain melalui: (1) kegiatanapersespsi, (2) penggunaan media gambar dan alat peraga sederhana, (3) menghadirkan permasalahan, (4) melaksanakan percobaan alat peraga, (5) mendemonstrasikan percobaan yang dilakukan, (6) mengatur kegiatan diskusi, tanyajawab, membahashasil percobaan serta membahas permasalahan yang dimunculkan, (7) mencatat hasil pembahasan dan kegiatan menjawab permasalahan yang dimunculkan. Faktor yang menjadi kendala pengembangan keterampilan proses dasar IPA adalah faktor pengetahuan, pengelolaan kelas, dan sarana prasarana. Kata Kunci: Keterampilan Proses Dasar Sains, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran IPA
AbstractionSolikin, 2016. Analysis of Developing Science Basic Skill Process in the Science Learning in Elemtary School (Study Case of fifth Grade Gili Timur 1 Elementary School. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: (I) Badrud Tamam. (II) Wanda Ramansyah. ABSTRACT This study aims to describe the development of basic science process skills in learning science in elementary school. For this purpose, this study used descriptive qualitative approach with a case study in East Gili SDN 1 Kamal. The object of research is developed RPP classroom teachers SDN GiliTimur 1 Kamal and implementation of science teaching. Data is collected using observation, interview, documentation. The results showed that the development of basic skills of science in the formulation of the RPP will include: (1) the activities apersepsi, (2) the selection of media images and props, (3) election based approach to the problem, trial events, events demonstrate, the work of predicting the results of experiments, preparation of the work, and respond to reports of the work; (4) election multimetode such as lectures, question and answer, discussion, and simulation; and (5) formulate activities to explain and conclude. While the implementation of learning science among others: (1) the activities persespsi, (2) use of media images and props simple, (3) presents problems, (4) conducting experiments props, (5) demonstrated experiments conducted, (6 ) regulates the activities of discussion, a FAQ, discuss experimental results and discuss the concerns raised, (7) record the results of the discussion and answer the concerns raised activity. Factors that constrain the development of basic science process skills is a factor of knowledge, classroom management, and infrastructure. Keywords : Sains Basic Skills Process , lesson plans, implementation of learning