Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Pembelajaran di SDN Pejagan 09 Bangkalan selama ini hanya menerapkan metode konvensional, materi disampaikan secara lisan oleh guru sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan tersebut. Hal ini menyebabkan kurangnya interaksi dan aktivitas siswa, sehingga pembelajaran berlangsung monoton yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pejagan 09 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode Quasi Eksperimental Designdan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu kelas Va dan Vb. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebagai data utama, observasi, dan angket respon siswa sebagai data pendukung. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik. Dari hasil analisis penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh thitung=2,983 dan ttabel=2,074, sehingga thitung>ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Index Card Match, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA

    Abstraction

    Learning at SDN 09 Pejagan Bangkalan was implemented the conventional method, that teacher presented the material by orally while the students only listened the explanation. This is caused ofless interaction and student activities, furthermore thelearning monotony was produced the lower student learning outcomes. This research aims to determine the effect of learning index card match method to the result studies of natural science in the fifth grade students at SDN Pejagan 09 Bangkalan. This researchwas a quantitative approach using the Quasi-Experimental Design and non-equivalent Control Group Design. The technique of sampling using saturated sample is class Va and Vb. The collecting data used learning outcomes as the main data, observation, and student questionnaire responses as supporting data. Data was analyzed by statistical data. The results of research analyzed using the significance test show tvalue =2,983 and ttable =2,074, even thoughtvalue> ttable can be stated that Ho was refused and Ha was accepted. The conclusion of this research that learning index card match method influenced to the result studies of students. Keywords: Index Match Card Method, the Results of Studies, Learning of Natural Science

Detail Jurnal