Detail Karya Ilmiah

  • PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS II PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN BANCARAN 1 BANGKALAN
    Penulis : UYUNUL HUSNA
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu sulit menerima, memahami dan mengingat materi bahasa Indonesia serta sulit menjawab pertanyaan dan soal-soal bahasa Indonesia. Kesulitan belajar siswa lebih mengarah pada kesulitan belajar dalam dimensi pengetahuan dan nilai. Siswa yang mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia menunjukkan sikap dan perilaku yang kurang optimal dalam belajar, persiapan belajar siswa masih kurang, serta siswa belum menunjukkan perhatian dan partisipasi yang optimal dalam proses pembelajaran. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu faktor dari diri siswa meliputi kurangnya motivasi belajar, kurangnya konsentrasi belajar, rasa percaya diri siswa yang rendah, serta kebiasaan belajar siswa yang kurang baik dan faktor dari luar diri siswa meliputi faktor guru, lingkungan sosial, serta sarana dan prasarana. Peran yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu menjelaskan materi secara runtut dan menggunakan bahasa yang baik, jelas serta mudah dimengerti, menyediakan sumber belajar, menggunakan variasi metode pembelajaran, memberikan reward, memberikan penguatan, memberikan remidi, bantuan penempatan serta les tambahan pelajaran. Faktor pendukung upaya guru yaitu dari pihak sekolah dan tersedianya buku-buku penunjang.Sedangkan faktor penghambat yaitu dari diri siswa sendiri dan dari waktu Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Belajar, Kesulitan Belajar /

    Abstraction

    The result of the research shows that students' learning difficulties in Indonesian subjects are difficult to accept, understand and remember Indonesian language and difficult to answer questions and questions of Indonesian language.Student learning difficulties lead to learning difficulties in the dimensions of knowledge and value.Students experiencing difficulties in learning Indonesian language subject showed less optimal attitude and behavior in learning, preparation of student learning is still lacking, and students have not shown the attention and optimal participation in the learning process. Factors causing student learning difficulties in Indonesian language subjects are factors of self-discipline students include lack of learning, lack of learning concentration, low self-esteem students, and poor student learning habits and factors from outside students include teacher factors, social environment, facilities and infrastructure. The role that teachers do to overcome student learning difficulties in Indonesian subjects is to explain the material coherently and use good language, clear and easy to understand, providing learning resources, using varied learning methods, providing rewards, providing reinforcement, provide repairing-test, placement assistance as well as additional lessons.Factors supporting the efforts of teachers from the school side and the availability of supporting books.While the inhibiting factor of the students themselves and from time. Keywords: Indonesian Language Subject, Learning, Learning Difficulties

Detail Jurnal