Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru dalam Menanamkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Di SDN Banyuajuh 6 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan).
    Penulis : Muyasir
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda S, S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Kebhinnekaan merupakan salah satu nilai-nilai yang sangat penting. Indonesia dibangun dengan berbagai perbedaan. Namun tetap satu tujuan yaitu untuk NKRI. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan peran guru SDN Banyuajuh 6 dalam menanamkan semangat Bhinneka Tunggal Ika pada siswa sekolah dasar, (2) mendeskripsikan peran guru SDN Banyuajuh 6 dalam menanamkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, (3) mendeskripsikan hambatan guru SDN Banyuajuh 6 dalam menanamkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif , dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru kelas I–VI, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis intensif. Warga SDN Banyuajuh 6 berasal dari latar belakang yang berbeda, namun mereka menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinnekaan, hal tersebut diketahui dari cara merereka menghargai masing-masing perbedaan. Peran guru sangat menentukan semangat kebhinnekaan siswa di SDN Banyuajuh 6. Pengetahuan, sikap, dan kesadaran siswa tentang semangat kebhinnekaan meningkat. Jalur penanaman semangat kebhinnekaan yang dilakukan guru melalui pembelajaran, melalui penumbuhan karakter dan pembiasaan baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Secara keseluruhan tidak ditemui hambatan yang berarti. Hambatan lebih banyak pada teknis pembelajaran dalam menyampaikan penanaman semangat kebhinnekaan. Kata Kunci: Peran Guru, Semangat, Bhinneka Tunggal Ika, Sekolah Dasar.

    Abstraction

    Bhinneka one of values very importance, Indonesia rised with various diversification. But, one purpose namely for NKRI. The purpose of this research is (1) descriptive character of teacher SDN Banyuajuh 6 in plant spirit Bhinneka Tunggal Ika to elementary School, (2)descriptive character of teacher SDN Banyuajuh 6 in plant spirit Bhinneka Tunggal Ika, (3) descriptive teacher’s problem SDN Banyuajuh 6 in plant spirit Bhinneka Tunggal Ika. Kind of this research is qualitative descriptive. Appoarch study case. Subject’s research is teacher of I-VI Class, head of school, and student. The technique accumulation data used interview, observasion, and documentation, analiyze of intensive analyze. Association of SDN Banyuajuh 6 from various diverivication but they one purpose values Bhinneka Tunggal Ika, that knewfrom how they respect diverivication. Character teacher very importance for student Bhinneka better than before. Character of teacher in spirit Bhinneka does teacher studying, from growing character and good habit in class or school range. All of that does not problem importance. Problems more to how technique studying to deliver plant spirit Bhinneka. Key word: Character of teacher, Spirit Bhinneka Tunggal Ika, Elementary school

Detail Jurnal