Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI KEBIASAAN MENULIS BUKU HARIAN (Studi Kasus Siswa Kelas IV SDN Dempo Timur 03 Pamekasan)Penulis : Rofiatut ToyyibahDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.PdAbstraksi
Pendidikan yang ada di Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta salahsatunya, yaitu dengan pembelajaran. Di dalam pembelajaran terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mliputi empat aspek, salahsatunya aspek menulis. Aspek menulis menempati aspek terakhir dari keterampilan berbahasa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswa dalam menulis karangan, 2) kemampuan siswa dalam menulis buku harian, 3) keterkaitan menulis buku harian terhadap kemampuan menulis karangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Dempo Timur III Pasean Pamekasan dengan subjek penelitian siswa kelas IV dan guru kelas IV. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif interaktif dalam bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diuraikan dari hasil penelitian, yaitu deskripsi profil sekolah, paparan data hasil wawancara, paparan hasil karangan, dan paparan hasil buku harian. Pembahasan yang diuraikan, yaitu kemampuan menulis karangan, kemampuan menulis buku harian, dan keterkaitan menulis buku harian terhadap kemampuan menulis karangan. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu kemampuan siswa dalam menulis karangan sedang, kemampuan siswa dalam menulis buku harian mengalami perkembngan, yaitu dari berkemampuan sedang menjadi berkemampuan amat baik, dan terdapat keterkaitan antara menulis buku harian terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan.
AbstractionEducation in Indonesian is aimed to develop the potensial of student. One of them is the existent of study. In the study, there is a lesson namely Indonesia language which cover 4 aspect, one of them is the aspect of writing. The aspect of writing is the last aspect in the skill of language. So that, in this research aimed to know: 1) the student’s skill in writing article, 2) the student’s skill in writing diary, 3) the relation between writing diary through the skill of writing article. This research is done in Dempo Timur III elementary school, pasean, pamekasan with the subject of research on grade on grade 4th student and teacher. This research uses qualitative interactive method in the form of case study. The taking of data is done uses some technique. They are observation, interview, and documentation. The result which is shown from the research result is the description of diary. The analysis which is shown are the skill of writing article, the skill of writing diary and the relation writing diary through the skill of writing article. The result of research which is found is the student’s skill in writing article is average, while the student’s skill in writing diary get the development, it means that from the average skill becomes a student’s which has a very good skill and there is a relation between writing diary through the student’s skill in writing article.