Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar IPA SD.
    Penulis : Hotimatus Sa’diyah
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si.,M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas III yang berjumlah 46 dengan siswa kelas IIIA sebanyak 23 siswa dan kelas IIIB sebanyak 23 siswa, sedangkan sampel penelitian ini merupakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Script yang ditinjau dari aktivitas guru dan siswa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan hasil t = 16,4 > t tabel = 2,08, sehingga terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa. Perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai kolerasi (r) sebesar 0,963 sehingga diperoleh koefisien determinasi sebesar 93%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji determinasi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Script mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa persentase rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran model Cooperative Sript pada pertemuan pertama sebesar 96% dan pada pertemuan kedua sebesar 100%. Sedangkan persentase rata-rata aktivitas guru dalam menggunakan pembelajaran model Cooperative Sript pada pertemuan pertama sebesar 79% dan pada pertemuan kedua sebesar 89%. Berdasarkan hasil perhitungan uji gain ternormalisasi terdapat peningkatan dari nilai posttest siswa dibandingkan dengan nilai pretest maka dapat disimpulkan rata-rata uji gain ternormalisasi yaitu 0,48 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa menunjukkan presentase respon siswa mencapai nilai 82% pada kelompok eksperimen dengan kategori sangat baik. Berarti respon siswa terhadap model pembelajaran Cooperative Script sangat baik untuk pembelajaran. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Model Cooperative Script, Hasil Belajar, Lingkungan. hitung

    Abstraction

    This study is a quantitative research by using quasi experimental design. The population of this study is all third grade students amounted to 46 students with class IIIA consists of 23 students and class IIIB also consists of 23 students, while the sample of this study is saturated sample. Instruments that used are the questions of learning outcomes test of pretest and posttest, the observation sheet of Cooperative Script learning model implementation reviewed from teacher and students activities. The hypothesis test of this study uses t-test with the result of t count =16,4>t table =2,08, so that there is a significant effect of Cooperative Script learning model on the students’ learning outcomes. From the calculation of simple linear regression test, it is obtained the value of correlation (r) is 0,963 so the coefficient of determination is 93%. Based on the results obtained from determination test, it can be concluded that Cooperative Script Learning Model is affect ing the students’ learning outcomes. The results of the observation of Cooperative Script learning model implementation on the students’ learning outcomes obtain the average percentage of students’ activit ies in Cooperative Script learning model on the first meeting is 96% and on the second meeting is 100%. While the average percentage of teacher’s act ivit ies in using Cooperative Script learning model on the first meeting is 79% and on the second meeting is 89%. Based on the results of normalized gain test, there is an improvement of students’ posttest value compared to the pretest value, then it can be concluded that the average of normalized gain test is 0,48 with medium category. The results of students’ responses show that the percentage of students’ responses reaches the value of 82% in experimental group with excellent category. It means, the students’ responses on the Cooperative Script learning model are very good for the learning. Keywords: Cooperative Learning, Cooperative Script Model, Learning Outcomes, Environment.

Detail Jurnal