Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Kesek 1 Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan Tahun Ajaran 2015/2016
    Penulis : Marita Sriyani
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Marita Sriyani. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Kesek 1 Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si, (2) Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan-kesalahan, menggolongkan tipe-tipe kesalahan, menemukan apa penyebab terjadinya kesalahan dan tipe kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa kelas IV SDN Kesek 1 dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa informasi kesalahan siswa, dan menggunakan persentase untuk menggambarkan jumlah siswa yang melakukan kesalahan sesuai dengan tipe kesalahan. Pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes soal, teknik dokumentasi, dan teknik wawancara. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes, dokumentasi nilai ujian siswa dan wawancara. Tahapan analisis yang dilaksanakan selama dilapangan menggunakan tiga analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan bilangan bulat dapat dikelompokkan menjadi tiga tipe kesalahan, yaitu: (1) tipe kesalahan I kesalahan pemahaman maksud soal, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 13,89%, (2) tipe kesalahan II kesalahan pemahaman konsep, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 52,33%, (3) tipe kesalahan IV kesalahan proses perhitungan, dengan persentase siswa yang melakukan kesalahan sebanyak 59,72%. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pokok bahasan bilangan bulat yang paling banyak terjadi adalah pada tipe kesalahan IV, yaitu tipe kesalahan proses perhitungan. Hal ini dikarenakan siswa kurang teliti dalam mengerjakannya. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Pokok Bahasan Bilangan Bulat, Matematika.

    Abstraction

    Marita Sriyani. 2017. The Analysis Of Students Mistakes In Solving Problems On The Subject Matters Of Integers In Math Of Class IV at SDN Kesek 1 Labang Subdistrict Bangkalan District For The School Year 2015/2016. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor: (1) Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si, (2) Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRACT The purpose of this study is to identify those mistakes, classify with these types of mistake, find out what the cause of the mistake and type of mistake often done by students of class IV at SDN Kesek 1 in solving on the subject matters of integers. This research uses descriptive qualitative research based on some information of students mistakes, and using percentage to describe the number of students do mistakes according to the mistake types. Retrieval of informants in this research uses purposive sampling technique. The data collection is done by test questions, technical documentation and interview technique. Data collected from test result, documentation of student test score and interview. The analysis stage is carried over in the field using three analyzes of data reduction, data presentation and conclusion. Whereas the validity of test data using triangulation of data. Based on the result of data analysis we concluded that the mistakes done by students in solving the subject matters of integers can be classified into three mistake types, namely: (1) types of mistake I misunderstanding of the problem point, 13.89% of students make this mistake, (2) types of mistake II misunderstanding of the concept, 52.33% of students make this mistake, (3) type of mistake IV. The mistake of calculation process. The most common mistakes done by students in solving problems on the subject matters of integer is on the mistake type IV namely, the mistake of calculation process. It happens because the students are careless in doing the problem. Keywords: The Students Mistake, Subject Of Integers, Mathematic.

Detail Jurnal