Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET PADA MATA PELAJARAN IPA SD MATERI PESAWAT SEDERHANA
    Penulis : HURUN IIN
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran dan guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga kurang menarik minat belajar siswa. Maka cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet. Tujuannya menghasilkan media pembelajaran kartu kuartet untuk Pelajaran IPA materi pesawat sederhana. Pengembangan mengikuti tahapan dari Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiono dalam Emzir yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Subjek yang digunakan sebagai uji coba produk dan uji coba pemakaian yaitu Siswa Kelas V SDN Pangeranan 2 Bangkalan. Hasil pengembangan yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran 78,1%, ahli media pembelajaran 90%, ahli materi 93%, uji coba produk 91% dan uji coba pemakaian 93%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media kartu kuartet layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi pesawat sederhana Kelas V SD.

    Abstraction

    This development is motivated by the limitation of the instructional media and more teachers use lecturer method that less attracts the students’ interest. So, the way that used to solve the problem is by developing the quartet cards instructional media. The goal is to produce the quartet cards instructional media for Science Subject of simple aircraft material. The development follows the stages of Borg and Gall that adapted by Sugiono in Emzir namely problem identification, information gathering, product design, design validation, design improvement, product testing, product revision, utility testing, final stage revision of the product, and mass production. The subjects that used as product testing and utility testing are the Students of Class V of SDN Pangeranan 2 Bangkalan. The results of the development that obtained from instructional design expert is 78,1%, instructional media expert is 90%, material expert is 93%, product testing is 91%, and utility testing is 93%. Those results show that the quartet cards media is feasible to be used as instructional media in Science subject of simple machine material of Class V in Elementary School.

Detail Jurnal