Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN BURNEH 1 BANGKALAN
    Penulis : RATNAWATI WULANSARI
    Dosen Pembimbing I : ANDIKA ADINANDA SISWOYO, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain non eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Burneh 1 Bangkalan yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Burneh 1 Bangkalan berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,766 dan ttabel t(?/2, n-2) = 2,069. Dengan nilai t hitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disiplin beajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Burneh 1 Bangkalan. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh 38,1%. Kata kunci: Disiplin Belajar dan Prestasi Belajar .

    Abstraction

    t This research is a quantitative research that uses non-experimental design. The total sample of this study was 25 fifth grade pupils at SDN 1 Burneh Bangkalan This study aims to determine the effect of learning discipline on student learning achievement. The findings show that there is a significant effect of learning discipline on learning achievement. The results of the t-test show the value of t-count is 3.766 and t-table t (? / 2, n-2) = 2.069. Because the value of t-count is greater than t-table (t-count > t-table), it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. Finally, the discipline of student learning has a significant influence on student learning achievement. Determination test was conducted to determine the magnitude of the influence of learning discipline on student learning achievement with a percentage of 38.1%. Keywords: Learning Discipline and Learning Achievement

Detail Jurnal