Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh PQ4R (Preview, Question, Reat, Reflect, Recite and Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SDN Kelas V
    Penulis : Anik Kusmawati
    Dosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin., S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Experimental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Hasil Belajar siswa, 2) Pengaruh menggunakan metode PQ4R. Penelitian ini diaksanakan di kelas V SDN Pejagan 2 Bangkalan yang berjumlah 48 siswa. Jumlah sampel diambil seluruh populasi dikarenakan pupulasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Pengujian validitas, reliabilitas, Taraf Kesukaran Soal, dan Daya Pembeda Soal, uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t. Diolah dengan bantuan program Excel 2007.Hasil penelitian menyimpulkan ; 1) Pengaruh pembelajaran terhadap sikap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji t, dengan t hitung xvi sebesar 2,872 dengan t tabel = t (?/2,n-2) = 2,069, dengan t hitung > t tabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. 2) Berdasarkan hasil aktivitas guru dalam mengajar secara keseluruhan maka rata-rata skor yang diperoleh adalah 90% pada pertemuan pertama dan 95% pada pertemuan ke 2. Maka hal tersebut membuktikan adanya peningkatan dan pembelajaran dari pertemuan pertama. Sehingga menunjukkan bahwa metode PQ4R berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Pejagan 2 Bangkalan tahun pelajaran 2016-2017. Kata Kunci: Metode PQ4R, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS.

    Abstraction

    This study is a quantitative experimental research by using Quasi Experimental method. This study has objective to know;1) Students’ learning outcomes, 2) The effect of using PQ4R method. This study was conducted in fifth grade of SDN Pejagan 2 Bangkalan with the total of 48 students. The total samples are taken from all population because the population is less than 100. Technique of collecting data is conducted by test and observation methods. Testing the validity, reliability, Question difficulty level, and question distinguishing power, normality test, homogeneity test, linearity test, simple linear regression test, t significant test. Processed with the of Excel 2007 program. The results of the study conclude that; 1) The effect of learning on the student’s learning outcomes based on the calculation results of t test is that t count is 2,872 with t table = t (?/2, n-2) = 2, 069, with t count > t table means that Ho is rejected and Ha is accepted, so that there is a significant effect. 2) Based on the results of teacher’s activity in the whole teaching, the average score that obtained is 90% in the first meeting and 95% in the second meeting. It proves that there is an improvement of the learning from the first meeting. Therefore, it shows that PQ4R method has significant effect on the learning outcomes of fifth grade students of SDN Pejagan 2 Bangkalan in the academic year of 2016-2017. Keywords: PQ4R Method, Students’ Learning Outcomes, Social Science Learning

Detail Jurnal