Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Gili Barat.
    Penulis : Saraya Faridah
    Dosen Pembimbing I : riesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Gili Barat yang berjumlah 40 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Sampling Jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada Metode Learning Cycle memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai t sebesar 11,9 dan t tabel t(?/2, n-2) = 2,10. Dengan nilai t hitung dan t tabel diperoleh t hitung , ini berarti H o ditolak dan H diterima. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan Model Learning Cycle memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Gili Barat. Peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen pada uji N-Gain memiliki rata-rata keseluruhan 0,23 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran ini didapat rata-rata keseluruhan sebesar 79% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran ini. Sedangkan angket respon siswa terhadap Model Learning Cycle didapat nilai rata-rata yaitu sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa siswa sangat tertarik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Learning Cycle ini. a Kata kunci: Model Learning Cycle, Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil Belajar

    Abstraction

    This study aims to know the influence of Learning Cycle Method to students’ study outcome. This study is conducted by quasi experimental quantitative research design in fourty students of fifth grade of Gili Barat elementary school. Samples are taken by Sampling Saturated because all members of the population sampled. The result of this study is Learning Cycle Method gives influence to students’ study outcome based on significant test calculations (ttest), it obtained t(arithmetic) equal to 11,9 and t(table) = 2,10. By value of t(arithmetic) and t(table) are t(arithmetic) > t(table), it means H is rejected and H is accepted. So it means that learning with Learning Cycle Model gives significant influence to students’ study outcome in fifth grade of Gili Barat elementary school. The enhancement of students experimental category‘s study outcome in N-Gain test have total average 0, 23 in middle category. It can be concluded that Learning Cycle Model is able to increase students’ study outcome. The total average of students’ activity is 79% in good category. So it can be concluded that students are very active in participating in this study. Whereas, student questionnaire responses to Learning Cycle Model have total average 95% in very good category. It concludes that students are very interested in participating in studying by using Learning Cycle Model. a Keywords: Learning Cycle Model, Science, Learning Outcomes

Detail Jurnal