Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dan dominasi guru dalam pembelajaran sehingga menyebakan rendahnya motivasi belajar siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dikembangkanlah media video pembelajaran perubahan makhluk hidup pada hewan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran dan RPP IPA serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi perubahan makhluk hidup pada hewa. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan mengikuti tahapan model Borg & Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Subjek yang digunakan sebagai uji coba lapangan yaitu siswa kelas III SDN Morombuh 03 Kwanyar. Hasil penilaian kelayakan produk pengembangan diperoleh 71 persen dari ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran 84 persen, uji keefektifan dari kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai 86 dan 81 pada kelompok besar, uji kemenarikan memperoleh nilai sebesar 95 persen dari kelompok kecil dan 81 persen dari kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media video pembelajaran perubahan makhluk hidup pada hewan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang mendukung proses belajar IPA siswa kelas III SD.

    Abstraction

    The motivation of this research and development is too minimum use of learning media and teacher domination in study, so the student motivation for studying too weak and it impacts to the result of learning. To resolve these problems video instructional media about the change of animal is developed. The goal is produce instructional media and lesson plan (RPP) for Science and improving student learning result in Orgnism Change subject. The research and development has been done by Borg and Gall model that was adopted by Sugiyono. The subject for testing is the 3rd students of SDN Morombuh 03 Kwanyar. Worthiness result of development product is 71% from learning media expert, 84% from learning material expert, 84% and 81% from effectiveness for both smaller group and larger group, the attractiveness got 95% and 81% for both smaller group and larger group. Depend on those result it’s shown the video learning media about Animal Change can be used for learning media that will support the 3rd students of elemantary school in the science learning process.

Detail Jurnal