Detail Karya Ilmiah

  • Evaluasi Pemanfaatan Media KIT IPA di Sekolah Dasar. (studi Kasus di Sekolah Dasar Kecamatan Kwanyar)
    Penulis : Hidayani Wulan Faza
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro karim S. Ag. M. Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan pemanfaatan media KIT IPA di delapan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Kwanyar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dandokumentasi. Kegiatan triangulasi data dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Kegiatan analisis data dimulai dari pengambilan data, telaah data, reduksi data, menyusun data, pemeriksaan keabsahan data, dan penafsiran data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi media KIT IPA di lima sekolah dasar secara umum baik, dan dimanfaatkan sesuai dengan materi yang akan di sampaikan oleh guru. Namun pada tiga sekolah yang telah di teliti kondisi media KIT IPA banyak yang rusak, dan guru tidak memanfaatkan media KIT IPA untuk kegiatan pembelajaran. Ada beberapahal yang menjadi faktor utama mengapa media KIT dalam pembelajaran IPA kurang dimanfaatkan oleh tiga sekolah tersebut, yaitu karena kondisi media KIT IPA yang ada di sekolah banyak dalam keadaan rusak sehingga tidak bisa digunakan.

    Abstraction

    This research is aimedto know the condition and use of the media KIT Science in eight of elementary school in the subdistrictKwanyar. This research useddescriptive qualitative research. Data were collected by interview, observation and documentation. Triangulation data activities carried out to maintain the validity of the data. Activity of data analysisstarted from collecting data, data analysis, data reduction, collating data, data validity checking, and interpretation of data. Based on the results of this study concluded that the condition of media KIT Science in five of elementary school in general is good, and utilized in accordance with material that will be conveyed by the teacher. But in the three schools that already reviewed the media condition KIT Science much damaged, and teachers did not use the media KIT Science for learning activities. There were someof thingsbecome a major factor why the media KIT in science learning underused by the three schools, there are some of thingsbecome a major factor why the media KIT in science learning underused by the three schools,because ofthe media condition KIT Science in many schools in disrepair so it can not be used.

Detail Jurnal