Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN BATUPUTIH KENEK KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : WILDAN QINANAH
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda, S.S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Rendahnya motivasi belajar disekolah SDN Batuputih Kenek Kabupaten Sumenep menyebabkan prestasi belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi kurang maksimal dapat diketahui dari nilai rata-rata ulangan harian pelajaran Bahasa Indonesia yang nilainya masih dibawah standar ketuntasan minimal. Kurangnya motivasi yang diberikan membuat peserta didik tidak memperhatikan ketika guru mata pelajaran Bahasa Indonesia sedang menjelaskan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa serta mengetahui strategi yang digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas III dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan wali kelas III SDN Batuputih Kenek Kebupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu wawacara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu prestasi yang dicapai oleh peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indinesia kelas III SDN Batuputih Kenek Kabupaten Sumenep masih dibawah standar ketuntasan minimal, hal itu diakibatkan karena salah satunya belum diperhatikannya motivasi belajar peserta didik.Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan kondisi peserta didik dan sarana yang ada, dan memberikan tugas kepada peserta didik. Kata kunci: Motivasi belajar, Faktor penyebab motivasi belajar rendah, Pembelajaran Bahasa Indonesia

    Abstraction

    The low motivation study in elementary school SDN Batuputih Kenek Sumenep regency causes the achievement of learning in Indonesian subjects to be less than the maximum can be known from the average value of the daily test of Indonesian lessons whose value is still below the minimum mastery standard. Lack of motivation given to make learners do not pay attention when the teacher of Indonesian subjects is explaining the material. The purpose of this study is to determine the factors that cause low motivation to learn students and know the strategies used to cultivate student learning motivation class III in Indonesian language subjects. The approach of this research using qualitative research methods. Object in this study are students of three class III and guardian of three class III in elementary school SDN Batuputih Kenek Sumenep regency. The data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. The conclusion of this research is the achievement achieved by the students in the Indonesian language of three Class III in SDN Batuputih Kenek Sumenep regency is still below the minimum thoroughness standard, it is caused because one of them has not been studied learners motivation learn. The effort is done to improve participant learning motivation Educate that is by adjusting the implementation of learning and in accordance with the needs of learners with the condition of learners and existing facilities, and assign tasks to learners. Keywords: Motivation to learn, causing factors low motivation learning.

Detail Jurnal