Detail Karya Ilmiah
-
EVALUASI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IIIPenulis : Nurul Ana SyafitriDosen Pembimbing I : Laila KhamsatulMuharrami, S.Si.,M.SiDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.SiAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe talking chipsdalam mata pelajaran IPA kelas III, karena tidak semua siswa dapat memahaminya .Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengertian evaluasi pembelajaran,model pembelajaran kooperatif,pembelajaran kooperatif model talking chipsdan materi.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada guru dan siswa kelas III.Kegiatan triangulasi data dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Kegiatan analisis data dimulai dari pengambilan data, telaah data, reduksi data, menyusun data, pemeriksaan keabsahan data, dan penafsiran data.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa presentase pembelajaran IPA untuk materi magnet sebesar 63,15%, sedangkan untuk materi tumbuhan sebesar 73,68%. secara keseluruhan proses pembelajaran berjalan dengan baik. Namun terdapat kendala yaitu kurangnya waktu yang tersedia, penempatan waktu mata pelajaran dan kurangnya siswa kelas III yang berjumlah 10 orang. Kata kunci: Evaluasi, Model pembelajaran kooperatif, Talking chips.
AbstractionABSTRACT This reaserch have function to know about evaluation of cooperative study model with talking chips type on science study class 3 elemantary school, because not all of the student know abot that. The theorhies is used in this reaserch are meaning of evaluation learning, cooperative learning, cooperative learning with talking chips model and material. This reaserch use kualitatif deskriptife type reaserch. Collect of information with interfiew metode, observation, and documentation to the teacher and student class 3 of elemantary school Palasa 2. Triangulasi data was done to keep validation of data and meaning of data. Increase of reaserch results is conclude that learning presentage of science for maghnet study is 63,15% while for the plants study is 71,68%, all the process of study is good, but the trobel are the less of the time, time positioning of ssubject matter study and the less of quantity student class 3 with 10 person. Keyword : Evaluation, Cooperative Learning Model, Talking Cchips