Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS RISET MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN BLEGA 3 BANGKALAN
    Penulis : YURIDHATUL ULIYA
    Dosen Pembimbing I : Badrud Tamam S.Si.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry learning terhadap hasil belajar. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel diambil sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket respon siswa dan observasi. Rata- rata nilai posttest yang diperoleh siswa dikelas eksperimen yaitu 69,75, sedangkan kelas kontrol yaitu 56,25. Angket respon siswa terhadap model pembelajaran inquiry learning didapatkan nilai rata- rata yaitu 174 dengan presentase 89% dengan kategori bagus. Hasil dari observasi aktivitas siswa dari kedua pertemuan diperoleh rata- rata nilai yaitu 61 dengan kategori cukup. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji signifikan (t), maka diperoleh nilai thitung = 4,039 dan ttabel = 0,109. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV.

    Abstraction

    This study is a quantitative research by using inquiry learning instructional model. This study is aimed to know the effect of inquiry learning model on learning results. Technique of sampling uses saturated sampling. The sample is two classes. Instruments that used are the test of learning results, students’ responses questionnaire, and observation. The average value of posttest that obtained by students in experimental class is 69,75, while in control class is 56,25. From students’ responses questionnaire on inquiry learning instructional model, it is gained an average value of 174 with the percentage of 89% with good category. From the results of the observation of students’ activities from the two meetings, it is gained an average value of 61 with adequate category. From the results of the study based on the calculation of significant (t) test, so it is gained the value of tcount = 4,039 and ttable = 0,109. With the value of tcount and ttable it is gained tcount > ttable, it means that Ho is rejected. Thus, the results of the study show that there is a significant effect of the implementation of inquiry learning instructional media in Science subject of natural resources material of class IV.

Detail Jurnal