Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN JUAL BELI KELAS III DI SDN MOROMBUH 03 KWANYAR BANGKALANPenulis : Fitrotul DinillahDosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.SiDosen Pembimbing II :Badrud Tamam, S.Si., M.PdAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Morombuh 03 Kwanyar Bangkalan materi kegiatan jual beli. Penelitian yang dilakukan bulan November 2015 – Mei 2016 ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Control-Group Pretest and Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik boring sampling sejumlah 60 siswa kelas III di SDN Morombuh 03 Kwanyar Bangkalan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes objektif, lembar observasi afektif siswa, lembar observasi psikomotor siswa, dan angket respon siswa. Uji validitas yang digunakan adalah product moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Pada data hasil belajar dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji signifikansi, dan uji gain ternormalisasi. Dari hasil uji signifikansi (uji-t dua sampel independen) untuk data posttest antara dari kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh hasil -thitung = -2,001 < thitung = 2,136 > ttabel = 2,001. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara outdoor learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaaran IPS materi kegiatan jual beli di SDN Morombuh 03 Kwanyar Bangkalan. Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,53 dengan kategori sedang pada kelompok eksperimen dan sebesar 0,38 dengan kategori rendah pada kelompok kontrol. Kata Kunci: outdoor learning, pembelajaran IPS, hasil belajar
AbstractionThe purpose of this research is to know the influence of Outdoor Learning to result of the study SDN Morombuh 03 Kwanyar Bangkalan’s 3rd student in purchase subject. The research which has been started November 2015 to May 2016 is quantitative research using Control-Group Pretest and Posttest Design. The sample is taken using boring sampling in 60 students of SDN Morombuh 03 Kwanyar Bangkalan. The instrument of this research are objective test, student affective sheets, student psychomotor sheets, and questionnaires. Validity test that’s used for this research is product moment Pearson, and the reliability test for this research using Spearman Brown. Data which the result of study is analyzed use normalized, homogeneity test, significance test, and gain normalyzed test. From the result of significance test (t-test for two independent samples) for posttest between experiment group and control group will get –tscore = -2,001 < tscore= 2,136 > ttable = 2,001. It show that Ho refused and Ha accepted, so there are significant effect in outdoor learning in Sosial Knowledge in Buying-Selling/Purchase subject to the 3rd grade of SDN Morombuh 03 Kwanyar Bangkalan. The result of normalized gain test show an incrase of study result 0,53 with medium category in experiment group and 0,38 with low category in control group Keywords: outdoor learning, social studies, learning outcomes