Detail Karya Ilmiah

  • PROBLEMATIKAYANG DIHADAPI GURU DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI PERSATUAN MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI SDN SUMURBER PANCENG GRESIK
    Penulis : LUKMAN HAKIM
    Dosen Pembimbing I : MUJTAHIDIN, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :MAHMUD, S.IP.,M.Si
    Abstraksi

    Lukman Hakim, 2017 “Problematika yang Dihadapi Guru Dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Persatuan Melalui Pembelajaran PKn di SDN Sumurber Panceng Gresik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing (1) Mujtahidin, S.Pd., M.Pd., (II) Mahmud, S.IP.,M.Si ABSTRAK Kebutuhan akan nilai persatuan sangat penting bagi siswa karena nilai persatuan adalah sebuah dasar untuk membentuk karakter siswa. Namun dalam kenyataanya menanamkan nilai-nilai persatuan tidak seperti yang diharapkan dalam upaya penanamannya menemui banyak problematika. Tujuan penelitian (1) Mengetahui pemahaman guru SDN Sumurber terhadap nilai-nilai persatuan. (2) Mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam usaha menanamkan nilai-nilai persatuan di SDN Sumurber. (3) Untuk mengetahui upaya guru menghadapi problematika serta penguatan guru terhadap nilai persatuan di SDN Sumurber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanativ. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Nilai persatuan menurut guru adalah suatu dasar untuk menciptakan sikap positif seperti nilai kebersamaan, kerukunan, cinta damai, kebersamaan dalam bangsa serta menciptakan rasa tanggung jawab pada siswa, sehingga mewujudkan karakter siswa penopang bangsa, pencipta rasa damai, makmur, sentosa. (2) Problematika yang dihadapi guru adalah kondisi lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya motivasi dari orang tua, kurangnya pemahaman. (3) Upaya guru adalah melakukan penekanan pada materi dan memberikan contoh yang mudah dipahami. Guru juga melakukan tindakan langsung mengajak siswa kerja bakti, musyawarah guru juga melakukan pengawasan terhadap siswa. Kata Kunci: problematika, nilai persatuan dan PKn

    Abstraction

    Lukman Hakim, 2017. “Problematic Faced Teacher In Effort Instilling Values Through Unity Civics Education in SDN Sumurber Panceng Gresik.” Thesis. Elementary School Teacher Study Program, Faculty of Education. University of Trunojoyo Madura. Adviser (1) Mujtahidin, S.Pd., M.Pd., (II) Mahmud, S.IP.,M.Si ABSTRACT The need for value is very important for students because the value of unity is a basic for forming the character of students. But in fact instilling the value of unity is not as expected in the planting effort encountered many problematics. The purpose of study (1) Knowing Sumurber SDN teachers' understanding about the value of unity. (2) Knowing the problems faced by teachers in an effort to instill the values of unity in SDN Sumurber. (3) To know the efforts of teachers and strengthening teachers' Challenging the value of unity in SDN Sumurber. This research used a qualitative approach eksplanativ. Data collection techniques used interviews, observation and documentation. Data analysis techniques of data reduction, data presentation and conclusions. The results of the research (1) The value of unity by teachers is a basic to create a positive attitude as the value of togetherness, harmony, love peace, unity in the nation as well as creating a sense of responsibility in students, this realizing the character of students are supporting the nation, creator of peace, prosperity, prosperous , (2) The problems that teachers face are less supportive of environment conditions, lack of motivation of parents, lack of understanding. (3) Efforts teachers are doing an emphasis on the material and provide an example that is easily understood. Teachers also encourage students to take direct action voluntary work, deliberations teachers to supervise students. Keywords: problematics, the value of unity and Civics

Detail Jurnal