Detail Karya Ilmiah

  • Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Teknik SQ3R pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
    Penulis : NOVITRI ASTUTI
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Abstraksi

    Sebagai salah satu keterampilan berbahasa, membaca adalah proses yang dilakukan untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis melalui bahasa tulis. Maka dari itu, keterampilan membaca sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Dalam kegiatan pembelajaran khususnya membaca perlu digunakan teknik yang sesuai untuk mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V di SDN Jatipasar Trowulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan kendala pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik SQ3R. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN Jatipasar Trowulan dengan informan dipilih secara purposive sampling. Adapun informan menjadi sumber data adalah guru kelas dan beberapa siswa kelas V SDN Jatipasar Trowulan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan teknik SQ3R dikatakan cukup baik untuk diterapkan dapat terlihat dari survey yaitu mengamati gambar, judul, banyak paragraf, dan mendapatkan gagasan umum dari teks bacaan yang telah dibaca, question yaitu membuat kalimat pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita, read yaitu membaca secara keseluruhan dengan tujuan mencari jawaban atas pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya, recite yaitu mencocokkan jawaban yang ditemukan pada teks cerita dan menceritakan kembali isi cerita dengan menggunakan bahasa sendiri, dan review yaitu meninjau kembali teks cerita dengan meyakinkan pemahaman siswa. Kata kunci: Pembelajaran, Membaca Pemahaman, Teknik SQ3R

    Abstraction

    As one of language skills, reading is a process that is done to get a message which delivered by a writer through written language. Thus, reading skills is important to be mastered by students. In learning activities, especially reading, an appropriate technique needs to be used to achieve maximum results. This study is motivated by the low reading comprehension skills of fifth grade students in SDN Jatipasar Trowulan. This study has an objective to describe the implementation and the obstacles of reading comprehension learning by using SQ3R technique. This study uses qualitative descriptive approach that is conducted in SDN Jatipasar Trowulan with the informants that are chosen by purposive sampling. Moreover, the informants that become source of data are classroom teacher and some fifth grade students of SDN Jatipasar Trowulan. The collecting data uses the techniques of observation, interview, and documentation. The implementation of SQ3R technique is quite good to be applied, it can be seen from survey that is observe pictures, title, many paragraphs, and get a general idea of the reading text that has been read, question that is make questions related to the story, read that is read as a whole in order to find the answers of the questions that made before, recite that is match the answers that found in the text and retell the story by using their own language, and review that is review the text of the story by convincing the students’ understanding. Keywords: Learning, Reading Comprehension, SQ3R Technique.

Detail Jurnal