Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENGGUNAAN PILIHAN KATA DAN EJAAN DALAM MENULIS KARANGAN NARASI METERI MENCERITAKAN PENGALAMAN (Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Mangunrejo Kec. Ngadiluwih - Kab. KediriPenulis : Frizky Rahayuning TyasDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.Abstraksi
Tyas, FrizkyRahayuning. 2017. AnalisisPenggunaanPilihan Kata dan Ejaan Dalam Menulis Karangan Narasi Materi Menceritakan Pengalaman (Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Mangunrejo Kec. Ngadiluwih – Kab. Kediri). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II: Ira Fatmawati, S.S, M.Pd. ABSTRAK Karangan narasi materi menceritakan pengalaman bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri Mangunrejo masih banyak dijumpai kesalahan berbahasa dalam hasil karangan siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan pilihan kata dan ejaan pada kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman siswa kelas V SD Negeri Mangunrejo dan mendeskripsikan hambatan siswa dalam menulis karangan berdasar kanpengalaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif serta didukung data berupa observasi dan wawancara. Data diambil dari hasil karangan siswas ejumlah 22 karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karangan siswa kelas V SDN Mangunrejo terdapat lima jenis kesalahan pilihan kata dan dua jenis kesalahan penggunaan ejaan. Kesalahan pilihan kata meliputi (a) penggunaan kata bersinonim, (b) penggunaan kata denotasi/konotasi, (c) penggunaan kata umum/khusus, (d) penggunaan kata baku/nonbaku, dan (e) penggunaan kata ciptaan sendiri. Kesalahan penggunaan ejaan meliputi (a) penggunaan huruf kapital, dan (b) Penggunaan tanda baca titik. Kata Kunci: karangan narasi, pilihan kata, ejaan
AbstractionTyas, Frizky Rahayuning. 2017. Analysis of usage options and Spelling Words In Essay Writing Narrative Content Telling Experience (Case Study Student Fifth Grade Student sof Elementary School Mangunrejo District of Ngadiluwih - Kediri). Thesis. Elementary School Teacher Education, Faculty of Education. University Trunojoyo Madura. Advisor I: Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd.,M.Pd., Advisor II: Ira Fatmawati, S.S, M.Pd. ABSTRACT Narrative essay described the experience of Indonesian material fifth grade students in elementary school Mangunrejo still found many errors in the fabricated speaking students. The purpose of this study was to describe the use of word choice and spelling on the ability to write essays based on the experience of fifth grade students of elementary school Mangunrejo and describe barriers to students in writing essays based on experience. This study used a qualitative approach and supported the kind of descriptive data in the form of observations and interviews. Data taken from the essay students some 22 essays. The results showed that the essay graders of elementary school Mangunrejo there are five types of errors choice of words and the use of two types of spelling errors. Word choice errors include (a) use of the word synonyms, (b) the use of the word denotation / connotation, (c) the use of common words / specialty, (d) the use of the word standard / non standard, and (e) the use of the word creation itself. The use of spelling errors include (a) the use of capital letters, and (b) use of punctuation point. Keywords: narrative essay, word choice, spelling