Detail Karya Ilmiah

  • engaruh Strategi Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN Tajungan.
    Penulis : Estiana
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tajungan yang berjumlah 42 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Solvin karena 2 kelompok yang diambil memiliki jumlah yang berbeda. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada Strategi Active Learning Tipe Team Quiz memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai t hitung sebesar 8,8 dan t t abel t (?/ 2, n -2) xviii = 2,11. Dengan nilai t dan t tabel diperoleh t hitung > t tabel , ini berarti H o ditolak dan H diterima. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan Strategi Active Learning Tipe Team Quiz memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Tajungan. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahui besarnya pengaruh Strategi Active Learning Tipe Team Quiz terhadap hasil belajar matematika diperoleh 81,98% dengan peningkatan hasil belajar sebesar 0.56 dengan kategori sedang. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Strategi Active Learning Tipe Team Quiz diperoleh sebesar 80% dalam kategori baik. Kata kunci: Strategi Active Learning Tipe Team Quiz, Matematika, Hasil Belajar

    Abstraction

    This study is a quantitative research by using quasi experimental design that conducted in fifth grade of SDN Tajungan with the total of 42 students. Samples are taken by using Solvin Technique because the two groups that taken have different numbers. Samples taken are 2 classes. This study has an objective to know the effect of Active Learning Strategy in the Type of Team Quiz on students’ learning outcomes. The results of this study show that Active Learning Strategy in the Type of Team Quiz gives an effect on students’ learning outcomes based on the calculation results of significant test (t-test), so it is obtained the value of t xix count is 8,8 and t = 2,11. From the value of t count and t table , it is obtained that t count table t (?/ 2, n -2) > t which means that H o is rejected and H a table is accepted. Thus, the learning by using Active Learning Strategy in the Type of Team Quiz gives a significant effect on the learning outcomes of fifth grade students of SDN Tajungan. Determination test is done to determine the effect of Active Learning Strategy in the Type of Team Quiz on mathematics learning outcomes that obtained 81,98% with the improvement of learning outcomes is 0,56 with medium category. Students’ activity in the learning process by using Active Learning Strategy in the Type of Team Quiz reaches 80% with good category. Keywords: Active Learning Strategy in the Type of Team Quiz, Mathematics, Learning Outcomes

Detail Jurnal