Detail Karya Ilmiah
-
PERAN GURU DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI UPTD SD NEGERI GEGER 2 BANGKALANPenulis : Prima Dwi PrastyoDosen Pembimbing I : SulaimanDosen Pembimbing II :Andika Adinanda SiswoyoAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini berkaitan dengan peran guru dalam manajemen berbasis sekolah yang dilakukan di SD Negeri 2 Geger Bangkalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam manajemen berbasis sekolah dan mengetahui implementasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri 2 Geger. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber yang ada pada penelitian ini adalah kepalah sekolah, guru kelas IV, guru kelas V, dan guru kelas VI. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan manajemen berbasis sekolah membutukan keterlibatan semua warga sekolah terutama guru, karena guru sebagai perantara antara kepala sekolah dan siswa. Guru menerapkan proses manajemen berbasis sekolah kepada siswa dan melakukan kerja sama dengan wali murid untuk mencapai tujuan dari manajemen berbasis sekolah yang sudah dilaksanakan. Jadi peran guru dalam manajemen berbasis sekolah sangat penting. (2) implementasi pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri 2 Geger Bangkalan belum mencapai target yang diharapkan, karena masih ada kendala dari dalam maupun dari luar sekolah. Kurangnya sarana dan prasarana yang digunakan untuk proses belajar mengajar menghambat kegiatan penerapan manajemen nberbasis sekolah. Kendala yang utama yaitu jaringan internet, karena tridak adanya jaringan internet guru menjadi kesusahan untuk memperoleh informasi dari luar. Selain itu peran wali murid kepada sekolah juga sangat kurang. Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah
AbstractionABSTRACT This study relates to the role of teachers in school-based management carried out in Geger Bangkalan Elementary School 2. The purpose of this study was to determine the role of teachers in school-based management and to know the implementation of school- based management in Geger 2 Elementary School. This study uses a qualitative approach. The speakers in this study is headmaster, fourth grade teachers, fifth grade teachers, and sixth grade teachers. Data collection used is observation, interviews, and documentation. Analysis of the data used is through the stages of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of the analysis it can be concluded that (1) The application of school-based management requires the involvement of all school members, especially teachers, because the teacher is an intermediary between the principal and students. The teacher applies the school-based management process to students and collaborates with student guardians to achieve the objectives of the school-based management that has been implemented. So the role of teachers in school-based management is very important. (2) the implementation of school-based management in Geger Bangkalan Elementary School 2 has not reached the expected target, because there are still obstacles from inside and outside the school. The lack of facilities and infrastructure used for the teaching and learning process hampers the implementation of school-based management. The main obstacle is the internet network, because the absence of teacher internet networks is a problem to obtain information from outside. Besides that the guardian role of students to schools is also very lacking. Keywords: Shool-Based Management, Characteristics of Shool-Based Management